Kamis 21 Apr 2022 21:37 WIB

Kemendagri Sosialisasikan Nilai-Nilai Pancasila untuk Aparatur di Palembang

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemendagri Sosialisasikan Nilai-Nilai Pancasila untuk Aparatur di Palembang
Foto: Dok Republika
Kemendagri Sosialisasikan Nilai-Nilai Pancasila untuk Aparatur di Palembang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila memiliki banyak Kedudukan dan Fungsi bagi bangsa Indonesia.

Pada dasarnya, Pancasila dapat menjawab setiap problematika yang ada, karena Pancasila merupakan dasar falsafah negara Indonesia yang merupakan sebuah sistem nilai kebaikan universal yang bisa diterapkan dalam konteks apapun baik pada masa hari ini, besok, dan masa yang akan datang. 

Baca Juga

Dalam upaya membumikan Pancasila Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum melalui Direktorat Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan melaksanakan kegiatan Forum Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Aparatur dan Masyarakat di Palembang, Sumatera Selatan, (21/04/2022).  

Pembumian nilai Pancasila dapat dilakukan dengan cara melakukan pengamalan nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat. Maka yang harus dilakukan adalah bagamana agar internalisasi Pancasila dapat kembali dilakukan dengan metode yang tepat di tengah krisis nasionalisme yang terjadi saat ini.

“Praktek demokrasi yang tidak dilandasi oleh Pancasila dan wawasan kebangsaan yang memadai tidak akan membumi dan hanya akan menghasilkan demokrasi prosedural," kata Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan Drajad Wisnu Setyawan menjelaskan dalam keterangannya.

“Masyarakat, LSM, Organisasi Kemasyarakatan, organisasi professional, komunitas-komunitas, lembaga-lembaga adat dan perkumpulan lainnya untuk melatih SDM agar mereka ikut mendorong proses terwujudnya demokratisasi Pancasila yang sehat dan bermartabat," ujar Drajad.

“Sinergi dan pelibatan masyarakat, sangat diperlukan agar tercipta pola relasi yang saling memperkuat antara Pemerintah atau Pemda dan masyarakat”. tegas Drajad. 

“Saya berharap dengan adanya pertemuan hari ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kita terkait kewajiban dan tanggung jawab selaku warga negara untuk bersama-sama membumikan nilai-nilai pancasila di dalam setiap aspek kehidupan”. lanjut Drajad.

“Semoga kegiatan pada hari ini dapat memperkuat jiwa nasionalisme dan karakter kebangsaan, serta mewujudkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan," kata Drajad.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan Syafruddin. Dan sebangai Narasumber pada kegiatan hari ini Bapak Zailana Surya, Akademisi dari Universitas Sriwijaya. Bapak Dr. H. Saefudin, Perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan. Bapak H. Syairozi, Wakil Ketua FPK Provinsi Sumatera Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement