Ajari Anak Berpuasa Sebelum Baligh, Ini Caranya

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko

 Jumat 22 Apr 2022 03:40 WIB

Ilustrasi anak berpuasa Foto: Yogi Ardhi/Republika Ilustrasi anak berpuasa

Ada tips yang dapat dilakukan untuk memudahkan anak-anak belajar puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa Ramadhan merupakan kewajiban umat Islam perempuan dan laki-laki yang telah baligh. Namun bagaimana jika anak-anak ingin berpuasa meski belum baligh.

Melansir laman aboutislam, Kamis (21/4/2022), Pada usia 7 tahun misalnya, anak perempuan belum diwajibkan untuk berpuasa. Namun, jika mereka ingin berpuasa maka akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk mencobanya. Jelaskan bahwa jika mereka merasa tidak enak badan, maka mereka tidak perlu melanjutkan.
 
Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memudahkan anak-anak belajar puasa. 
 
Pertama, jika mereka ingin mencoba puasa maka biarkan mereka mencoba. Pada usia ini belum wajib, tetapi mereka masih bisa mendapatkan keuntungan dari mencoba. Jangan paksa mereka dulu karena mereka tidak wajib. Ini mungkin bisa membuat mereka memiliki perasaan buruk terhadap Ramadhan.
 
Dorong mereka untuk berpuasa di akhir pekan daripada hari-hari sekolah di mana orang tua dapat bersama mereka setiap saat untuk memantau perkembangan mereka, serta terlibat dalam kegiatan Islami.
 
Kedua, jika mereka berpuasa di hari sekolah, berkonsultasilah dengan guru mereka tentang kemungkinan mengizinkan mereka untuk memberikan presentasi singkat di kelas mereka. Ini akan mendorong mereka untuk memiliki kebanggaan dalam tindakan mereka serta mendidik rekan-rekan mereka dan guru yang akan dapat mendukung mereka.
 
Ketiga, simpan bagan hadiah untuk memantau berapa hari mereka berpuasa.
 
Keempat, jika mereka tidak bisa berpuasa sepanjang hari, mereka bisa mencoba puasa setengah hari untuk berlatih puasa dan merasakan seperti apa rasanya.
 
Kelima, biarkan mereka membantu membuat buka puasa dan memilih apa yang mereka inginkan. Keenam, seiring bertambahnya usia, orang tua dapat mendorong mereka untuk berpuasa lebih banyak hari dan untuk waktu yang lebih lama
 
Mendorong mereka untuk berpuasa sejak usia muda ini adalah cara yang bagus untuk mengajari mereka pelajaran yang baik dalam rasa syukur dan kesabaran, seperti halnya bagi kita sebagai orang dewasa.n 
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X