Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Polisi Prediksi Kepadatan Jalur Arteri Tangerang pada H-5 Lebaran

Kamis 21 Apr 2022 19:36 WIB

Red: Ratna Puspita

Ilustrasi. Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten, memprediksi kepadatan arus lalu lintas mudik Lebaran di jalur arteri Kabupaten Tangerang akan terjadi pada lima hari sebelumnya (H-5) yang jatuh pada 28 April 2022.

Ilustrasi. Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten, memprediksi kepadatan arus lalu lintas mudik Lebaran di jalur arteri Kabupaten Tangerang akan terjadi pada lima hari sebelumnya (H-5) yang jatuh pada 28 April 2022.

Foto: ANTARA/Fauzan
Kepadatan ini menyusul penetapan cuti bersama mulai 29 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten, memprediksi kepadatan arus lalu lintas mudik Lebaran di jalur arteri Kabupaten Tangerang akan terjadi pada lima hari sebelumnya (H-5) yang jatuh pada 28 April 2022. Kepadatan ini menyusul penetapan cuti bersama mulai 29 April 2022.

"Sesuai adanya penetapan cuti bersama, lonjakan arus lalu lintas yang akan terjadi di jalur regional kita (Tangerang) terjadi pada tanggal 28 April atau di H-5 Lebaran," ucap Kasatlantas Polresta Tangerang Kompol Fikry Ardiansyah di Tangerang, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, mudik Lebaran 2022 ini akan terjadi lonjakan volume kendaraan setelah mudik diperbolehkan oleh pemerintah pusat. "Diprediksi ada peningkatan sekitar 15 persen, dibandingkan masa mudik tahun 2019. Karena dua tahun sebelumnya tidak ada kegiatan mudik," katanya.

Menurut dia, pada dua pekan menjelang Lebaran, masih belum terlihat tanda-tanda masa pemudik melakukan perjalanan, tetapi pihaknya memperkirakan kepadatan arus lalu lintas terjadi setelah satu hari cuti bersama. Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan, sejumlah skema penerapan rekayasa lalu lintas di jalur penghubung Jakarta-Tangerang dan Merak pun telah disiapkan.

"Tentunya untuk skema rekayasa lalu lintas sudah kita siapkan, seperti pengangguran keluar masuk kendaraan baik dari tol mengarah Merak maupun jalur perbatasan," ujarnya.

Ia mengungkapkan, selama ini Satuan Lalu Lintas Polresta Tangerang juga telah melakukan pemetaan titik-titik terjadinya kemacetan dan titik rawan kecelakaan. "Kalau untuk pemetaan jalur kemacetan kita ada dua titik, yaitu lokasinya di Pasar Cikupa dan Pasar Gembong," ungkapnya.

Menurutnya, bahwa keberadaan ke dua pasar tersebut berlokasi di jalur arus mudik Lebaran antara arah Jakarta menuju Merak dan sebaliknya. Baik itu digunakan jalur sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

"Untuk jalur rawan itu ada di beberapa titik, seperti di wilayah jalan Jayanti, Balaraja Barat yang kondisi jalan bergelombang, dan Cikupa," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA