Kamis 21 Apr 2022 14:20 WIB

Prof Widodo, Unti, dan Widodo, Tiga Kandidat Calon Rektor Universitas Brawijaya

Tiga nama diajukan ke Majelis Wali Amanat untuk menjadi rektor UB periode 2022-2027.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Para calon rektor Universitas Brawijaya periode 2022-2027.
Foto: Dok UB
Para calon rektor Universitas Brawijaya periode 2022-2027.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Senat Akademik Universitas Brawijaya (SA UB) menetapkan tiga nama calon rektor usai pemungutan suara yang dilakukan di Gedung Samantha Krida, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (21/4/2022). Ketua SA UB Prof Ariffin mengatakan, ketiga calon rektor itu adalah Prof Dr Imam Santoso, Prof Dr Unti Ludigdo, dan Prof Widodo. Ketiganya nantinya diajukan ke Majelis Wali Amanat (MWA) yang akan memilih sosok rektor periode 2022-2027 pada 21 Mei 2022.

Tiga nama calon rektor UB tersebut dalam pemilihan suara, Prof Imam Santoso mendapat 29 suara, Prof Unti Ludigdo meraih 27 suara, dan Prof Widodo memperoleh 19 suara. Berikutnya, tiga nama tersebut merupakan nominasi yang akan diserahkan ke MWA. Dia menjelaskan, proses pemilihan suara yang dilakukan itudihadiri oleh 91 dari 93 anggota.

Dari 91 suara yang masuk, satu suara dinyatakan tidak sah karena mencontreng tiga nama. "Dua anggota senat lainnya tidak hadir karena sedang menjalankan ibadah umrah. Peraturan pemilihan calon rektor kali ini harus hadir secara fisik," katanya di Kota Malang, Kamis. Ariffin berharap rektor terpilih nantinya menjadi pengemudi yang bisa melanjutkan perjuangan para sivitas akademika UB.

Salah satu calon rektor UB, Prof Imam mengatakan kegiatan pemilihan kali ini merupakan proses regenerasi kepemimpinan dan tiga calon yang masuk merupakan putra terbaik. Prof Widodo juga menyampaikan pandangan serupa. "Siapa pun yang nanti terpilih, untuk UB yang lebih maju dan baik," katanya. Prof Unti juga berharap sosok yang terpilih nantinya bisa memberikan yang terbaik untuk UB.

Sebelumnya panitia pemilihan rektor mengadakan kampanye bakal calon rektor. Ada enam bakal calon rektor tersebut telah memaparkan visi dan wawasan di hadapan anggota SA UB dan panelis di Gedung Samantha Krida pada Selasa (19/4/2022). Keenam bakal calon rektor yang memaparkan visi misinya, selain tiga nama yang ditetapkan sebagai calon rektor UB oleh SA, adalah Prof Chandra Fajri Ananda, Prof Marjono, dan Andy Fefta Wijaya Ph.D.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement