Kamis 21 Apr 2022 09:18 WIB

Meta Butuh Waktu 5-10 Tahun Bangun Metaverse?

Metaverse telah dipelopori oleh game.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Metaverse menjadi tren di masa depan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Metaverse menjadi tren di masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Meta membagikan beberapa pratinjau game yang dijadwalkan untuk dirilis sepanjang tahun di acara virtual Meta Quest Gaming Showcase 2022. Namun, ketika datang ke perangkat keras Virtual Reality (VR) itu tidak terlihat seperti yang diharapkan.

Meta telah mengisyaratkan rencannya pada program Metaverse. Perusahaan melihat perangkat keras masa depan berperan penting dalam perkembangannya.

Baca Juga

Produser eksekutif Meta Ruth Bram mengatakan metaverse dibangun atas hal tersebut untuk generasi berikutnya dan evolusinya dalam teknologi sosial. “Baik perangkat keras maupun perangkat lunak membutuhkan lebih banyak pekerjaan dan mungkin perlu waktu lima hingga 10 tahun untuk mewujudkannya sepenuhnya,” kata Bram.

Bram menekankan metaverse telah dipelopori oleh game yang memungkinkan pengembang untuk membangun 3D dan orang-orang terhubung dengan cara baru. Namun, menurut kutipan di atas, mungkin perlu waktu lebih lama untuk mewujudkan konsep metaverse yang lebih besar.

Sebagian besar pembicaraan seputar metaverse sulit untuk didefinisikan secara keseluruhan. Meta ingin menjadi yang terdepan, tetapi itu masih jauh dari satu-satunya perusahaan yang terlibat dalam pengembangannya.

Untuk merek lain, metaverse mungkin menyarankan integrasi VR yang lebih mulus di ruang di luar game, setidaknya dalam waktu dekat. Tahun lalu, Microsoft mengumumkan rencananya untuk mengintegrasikan lingkungan virtual dan avatar di Teams menggunakan platform realitas campuran, Mesh.

Sejak itu, informan Microsoft telah mengumpulkan deskripsi tentang sesi untuk konferensi pengembang Microsoft Build 2022 mendatang. Satu di antaranya akan membahas pengembangan di metaverse.

Satu sesi yang disebut "Microsoft Build Into Focus: Metaverse" akan menampilkan manajer umum Microsoft Teams Nicole Herskowitz sebagai salah satu hostnya. Menurut sumber, pembahasan mungkin mengarah pada perincian tentang pengembangan metaverse yang akan bekerja lebih jauh dengan Microsoft Teams.

Dilansir Digital Trends, Kamis (21/4/2022), sebelum Meta Quest Gaming Showcase, rumor menyatakan Meta dapat mengumumkan headset VR baru di acara virtual tersebut. Headset tersebut dengan kode nama Project Cambria juga dikenal sebagai Oculus Quest Pro. Dengan etalase Meta sekarang, mungkin lebih jelas bahwa headset yang akan datang tetap lebih banyak di sisi permainan dan kurang terhubung ke sisi perangkat keras.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement