Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

AHY: Demokrat Membuka Peluang Koalisi untuk Pilpres 2024

Rabu 20 Apr 2022 22:36 WIB

Red: Ilham Tirta

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (tengah).

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (tengah).

Foto: Istimewa
Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain dalam mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, pihaknya membuka peluang membangun koalisi untuk menyongsong Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dalam rangka mengikuti kontestasi Pilpres 2024 nantinya, Demokrat harus berkoalisi bersama partai lain.

"Demokrat tentu tidak bisa sendirian, kami harus membangun koalisi dengan satu partai besar atau dua partai menengah," kata AHY di Banda Aceh, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga

Menurut dia, upaya komunikasi dengan semua partai terus dilakukan. Demokrat, kata AHY, terus berikhtiar sekuat tenaga supaya mendapatkan koalisi, mengingat tiket untuk mengikuti Pilpres 2024 membutuhkan 20 persen.

"Presidential threshold (ambang batas). Artinya tugas Demokrat membangun chemistry dan saling percaya dengan parpol lain, semua parpol tidak terkecuali, kita persiapkan semua kemungkinan," ujarnya.

Mengenai kesiapan dirinya untuk maju pada Pilpres 2024, AHY mengaku terus mempersiapkan diri menjemput takdir, namun semua itu masih menjadi misteri dari Yang Maha Kuasa. AHY menuturkan, dirinya memiliki dua kapasitas dalam mewujudkan target menjadi orang nomor satu di Indonesia, yakni sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dan dirinya pribadi.

"Saya menggunakan dua kapasitas, pertama sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, saya akan meyakinkan dan berkoalisi," katanya.

Kemudian, dari sisi kapasitas pribadi AHY terus mempersiapkan diri dan meyakini kehendak Allah SWT, serta dukungan dari rakyat. "Kami tidak ingin terlalu berandai-andai, hanya bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan terbuka jalan," kata AHY.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA