Rabu 20 Apr 2022 20:23 WIB

UNM Kampus Margonda Berbagi Ilmu pada Pengurus DKM Masjid Al Ihsan

UNM mendorong pemanfaatan media sosial untuk penyebarluasan dakwah

Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda dalam rangka menjalankan rangkaian aktivitas di bulan suci Ramadhaan sukses menyelenggarakan kegiatan bertema “Nurani Memberi Negeri”.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda dalam rangka menjalankan rangkaian aktivitas di bulan suci Ramadhaan sukses menyelenggarakan kegiatan bertema “Nurani Memberi Negeri”.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda dalam rangka menjalankan rangkaian aktivitas di bulan suci Ramadhaan sukses menyelenggarakan kegiatan bertema “Nurani Memberi Negeri”. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk berbagi ilmu pada DKM Masjid Al Ihsan.

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (16/4) dihadiri oleh ketua DKM Masjid Al Ihsan, ketua RW 07 kota Beji dan 14 orang pengurus serta anggota DKM Masjid Al Ihsan berjalan dengan lancar. Andry Maulana selaku kepala kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda yang juga sebagai narasumber mengatakan, topik yang dibahas pada kegiatan berbagi ilmu ini ialah tentang pemanfaatan media sosial untuk penyebarluasan dakwah.

Baca Juga

“Saat ini, media sosial menjadi fenomena yang semakin mengglobal dan mengakar dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti diketahui bersama, bahwa aplikasi-aplikasi media sosial sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari alat komunikasi yang ditanam di dalam smartphone, tablet, laptop, dan PC,” jelasnya.

Ia menjelasakan, salah satu aplikasi yang ada pada smartphone yakni media sosial. Dimana media sosial dapat dimanfaatkan dalam penyebarluasan dakwah islam secara menyeluruh.

“Karena dalam berdakwah dibutuhkan media atau wasilah (perantara) sebagai alat untuk digunakan dalam menyebarkan kebaikan atau risalah, menggunakan media internet,” ungkapnya.

Kalangan remaja, katanya menjelaskan, memiliki media sosial dan biasanya digunakan untuk memposting tentang kegiatan pribadi, curhatan, serta foto-foto bersama teman. Untuk menghindari hal yang tidak bermanfaat, ada baiknya mending dijadikan salah satu penyebarluasan ilmu agama kepada masyarakat.

“Melalui kegiatan berbagi ilmu ini, kami mengajak para remaja juga pengurus DKM Masjid Al-Ihsan untuk memberi wacana yang baik dalam hal pemanfaatan media sosial untuk penyebarluasan dakwah. Sehingga, apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga kebaikan,” terangnya.

Sementara itu, Imam selaku ketua RW 07 menyampaikan, acara ini sangat baik untuk masyarakat sekitar dan bernilai positif bagi masyarakat RW 07 kelurahan Kota Beji. “Adanya acara berbagi ilmu ini, diharapkan pengetahuan masyarakat terhadap media sosial semakin luas dan semakin berhati-hati,” ujarnya.

Selanjutnya, ia berharap acara seperti ini dapat terus dilaksanakan dan tidak hanya di bulan Ramadhan saja, tetapi juga di setiap semesternya. “Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda semakin berjaya,” tutupnya seperti dalam siaran pers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement