Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Biden akan Tambah Lagi Bantuan Militer untuk Ukraina

Rabu 20 Apr 2022 18:05 WIB

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani

Konvoi militer Rusia bergerak di jalan raya di daerah yang dikuasai oleh pasukan separatis dukungan Rusia di dekat Mariupol, Ukraina, Sabtu, 16 April 2022.

Konvoi militer Rusia bergerak di jalan raya di daerah yang dikuasai oleh pasukan separatis dukungan Rusia di dekat Mariupol, Ukraina, Sabtu, 16 April 2022.

Foto: AP/Alexei Alexandrov
Total bantuan militer AS ke Ukraina menjadi lebih dari 3 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan mengumumkan paket bantuan militer untuk Ukraina. Sumber yang merupakan seorang pejabat AS tersebut mengatakan, besaran paket bantuan baru seperti paket bantuan sebelumnya. Namun rinciannya masih dikerjakan.

Sebelumnya, AS menyalurkan 800 juta dolar AS pada pekan lalu untuk bantuan militer tambahan ke Ukraina. Paket bantuan terbaru ini pertama kali dilaporkan oleh NBC News.

Bantuan tambahan senilai 800 juta dolar AS, termasuk sistem artileri, peluru artileri, pengangkut personel lapis baja dan kapal pertahanan pantai tak berawak. Bantuan ini memperluas cakupan material yang dikirim ke Kiev untuk memasukkan jenis alat berat baru.

Jika paket bantuan minggu ini sebesar yang diharapkan, maka total bantuan militer AS ke Ukraina sejak Rusia menginvasi pada Februari menjadi lebih dari 3 miliar dolar AS.

PBB mencatat lebih dari 1.300 warga sipil di Ukraina terbunuh akibat serangan Rusia sejak pertempuran 24 Februari lalu. PBB juga memperkirakan, jumlah kematian bisa lebih tinggi.

Sementara itu warga Ukraina yang mengungsi ke negara-negara tetangga sudah menembus 5 juta orang. Rusia dan Ukraina sudah beberapa kali melakukan negosiasi untuk mengakhiri pertempuran. Namun hingga kini proses itu belum membuahkan hasil.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA