Rabu 20 Apr 2022 13:48 WIB

NOICE Milik Mahaka Radio Raih Pendanaan Rp 316 Miliar dari Northstar

Pendanaan terbaru akan mendukung NOICE jadi platform audio terbesar di Indonesia

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Platform konten audio lokal, NOICE, mengumumkan perolehan putaran pendanaan Seri-A senilai 22 juta dolar AD atau setara dengan Rp 316 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh Northstar dan diikuti oleh para investor sebelumnya, yaitu Alpha JWC, Go-Ventures, dan Kinesys.
Foto: Mahaka Radio Integra
Platform konten audio lokal, NOICE, mengumumkan perolehan putaran pendanaan Seri-A senilai 22 juta dolar AD atau setara dengan Rp 316 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh Northstar dan diikuti oleh para investor sebelumnya, yaitu Alpha JWC, Go-Ventures, dan Kinesys.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform konten audio lokal, NOICE, mengumumkan perolehan putaran pendanaan Seri-A senilai 22 juta dolar AD atau setara dengan Rp 316 miliar. Pendanaan bagi anak usaha Mahaka Radio (MARI) dipimpin oleh Northstar dan diikuti oleh para investor sebelumnya, yaitu Alpha JWC, Go-Ventures, dan Kinesys. 

CEO NOICE, Rado Ardian mengatakan, perolehan pendanaan terbaru ini akan mendukung ambisi NOICE untuk menjadi platform audio terbesar di Indonesia melalui percepatan akuisisi konten serta pengembangan platform teknologi audio bagi pengguna dan kreator. 

Rado menjelaskan, investasi ini akan digunakan untuk mengembangkan komunitas kreator, platform teknologi, dan memperluas cakupan konten audio series dari komunitas penulis serta storytellers lokal dan mengadaptasinya ke dalam format audio. 

"Kami telah menguji coba format baru ini dan melihat hasil interaksi dan retensi yang sangat menjanjikan. Ini benar-benar ruang baru yang menarik untuk dijelajahi dan memiliki banyak sekali potensi," kata Rado dalam keterangan resmi, Rabu (20/4). 

Hingga saat ini NOICE telah memiliki lebih dari dua juta pengguna, pertumbuhan yang meningkat empat kali lipat sejak tahun sebelumnya dengan waktu yang dihabiskan pendengar setiap harinya di aplikasi NOICE mencapai lebih dari 80 menit. 

NOICE fokus pada produksi dan kurasi konten audio lokal di berbagai vertikal dengan menghadirkan lebih dari 40 ribu konten di aplikasinya. Baru-baru ini, NOICE juga berkolaborasi dengan komunitas penulis lokal Indonesia untuk meluncurkan konten terbaru dalam format audio drama series.

NOICE terus memperluas pilihan beragam konten podcastnya lewat kolaborasi dengan berbagai public figure dan influencer terkemuka seperti Raffi Ahmad, Arief Muhammad, Jerome Polin, Vincent, Desta, Andre Taulany dan masih banyak lagi. Para konten kreator populer ini memiliki total lebih dari 130 juta lebih pengikut & subscriber di media sosial. 

Untuk mendorong lebih banyak kreator dalam membangun konten, NOICE juga meluncurkan program pengembangan kreator secara menyeluruh untuk mendampingi mereka dalam perjalanan menjadi kreator konten audio dengan platform khusus berbasis SaaS (Software as a Service). Platform ini memberikan kemudahan akses bagi para konten kreator untuk menghadirkan dan mengembangkan konten mereka di NOICE secara langsung.

Di sisi lain, co-founder & Managing Partner Northstar Group, Patrick Walujo mengungkapkan konten digital audio merupakan salah satu kategori media yang memiliki pertumbuhan tercepat dengan miliaran pendengar secara global. pihaknya telah bekerja sama dengan NOICE sejak 2019 dan sangat tertarik dengan pertumbuhan bisnis NOICE yang sangat pesat. 

Dipimpin oleh Rado dan Niken serta didukung oleh jaringan Mahaka Radio yang sangat besar, NOICE telah berkembang menjadi platform teknologi yang memiliki dampak sosial dalam mendukung para konten kreator berbakat, storyteller, pembawa acara talk show hingga artis untuk menghadirkan konten yang berkualitas serta menjangkau pendengar mereka di tanah air dan berbagai daerah lainnya. 

"Kami telah melihat komitmen NOICE kedepannya untuk tumbuh dengan agresif dan tentunya sangat senang bisa menjadi partner yang mendukung mereka dalam perjalanan ini," kata Patrick. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement