Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Etika Penelitian tentang Otak Buatan 'Sadar'

Eduaksi | Wednesday, 20 Apr 2022, 12:21 WIB
image: Daily Express

Kerangka kerja untuk melakukan penelitian etis tentang organoid otak

Salah satu cara di mana para ilmuwan mempelajari bagaimana tubuh manusia tumbuh dan menua adalah dengan membuat organ buatan di laboratorium. Organ yang paling populer saat ini adalah organoid, organ mini yang terbuat dari sel punca. Organoid telah digunakan untuk memodelkan berbagai organ, tetapi organoid otak adalah yang paling diselimuti kontroversi.

Organoid otak saat ini berbeda dalam ukuran dan kematangan dari otak normal. Lebih penting lagi, itu tidak menghasilkan keluaran perilaku apa pun, menunjukkan bahwa itu masih merupakan model primitif dari otak nyata. Namun, karena penelitian menghasilkan organoid otak dengan kompleksitas yang lebih tinggi, itu pada akhirnya akan memiliki kemampuan untuk merasakan dan berpikir. Menanggapi antisipasi ini, Associate Professor Takuya Niikawa dari Universitas Kobe dan Asisten Profesor Tsutomu Sawai dari Institut Studi Lanjutan Biologi Manusia Universitas Kyoto (WPI-ASHBi), bekerja sama dengan para filsuf lain di Jepang dan Kanada, telah menulis makalah tentang etika penelitian menggunakan organoid otak sadar. Makalah ini dapat dibaca di jurnal akademik Neuroethics.

Bekerja secara teratur dengan ahli bioetika dan ahli saraf yang telah menciptakan organoid otak, tim telah banyak menulis tentang perlunya menyusun pedoman tentang penelitian etis. Dalam makalah baru, Niikawa, Sawai dan rekan penulis mereka menyusun kerangka kerja etis yang mengasumsikan organoid otak sudah memiliki kesadaran daripada menunggu hari ketika kita dapat sepenuhnya mengkonfirmasi bahwa mereka memiliki kesadaran.

"Kami percaya prinsip kehati-hatian harus diambil," kata Sawai. "Baik sains maupun filsafat tidak dapat menyetujui apakah sesuatu memiliki kesadaran. Alih-alih berdebat tentang apakah organoid otak memiliki kesadaran, kami memutuskan mereka melakukannya sebagai tindakan pencegahan dan untuk pertimbangan implikasi moral."

Untuk membenarkan asumsi ini, makalah ini menjelaskan apa itu organoid otak dan memeriksa apa yang disarankan oleh berbagai teori kesadaran tentang organoid otak, dengan menyimpulkan bahwa beberapa teori kesadaran populer mengizinkan mereka untuk memiliki kesadaran.

Pada akhirnya, kerangka kerja yang diusulkan oleh penelitian ini merekomendasikan bahwa penelitian tentang organoid otak manusia mengikuti prinsip-prinsip etika yang serupa dengan eksperimen pada hewan. Oleh karena itu, rekomendasinya antara lain menggunakan organoid seminimal mungkin dan melakukan yang terbaik untuk mencegah rasa sakit dan penderitaan dengan tetap mempertimbangkan kepentingan umum dan pasien.

"Kerangka kami dirancang untuk menjadi sederhana dan didasarkan pada pengalaman valensi dan kecanggihan pengalaman tersebut," kata Niikawa.

Ini, makalah ini menjelaskan, memberikan panduan tentang seberapa ketat kondisi eksperimen yang seharusnya. Kondisi ini harus diputuskan berdasarkan beberapa kriteria, yang meliputi keadaan fisiologis organoid, rangsangan yang ditanggapinya, struktur saraf yang dimilikinya, dan fungsi kognitifnya.

Selain itu, makalah ini berpendapat bahwa kerangka kerja ini tidak eksklusif untuk organoid otak. Ini dapat diterapkan pada apa pun yang dianggap memiliki kesadaran, seperti janin, hewan, dan bahkan robot.

“Kerangka kerja kami bergantung pada prinsip kehati-hatian. Sesuatu yang kami yakini tidak memiliki kesadaran hari ini dapat, melalui pengembangan studi kesadaran, ditemukan memiliki kesadaran di masa depan. Kami dapat mempertimbangkan bagaimana kami seharusnya memperlakukan entitas ini berdasarkan kerangka kerja etis kami." simpul Niikawa dan Sawai.

(Materials provided by Kyoto University)

***

Solo, Rabu, 20 April 2022. 11:56 am

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image