Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

 

Sutradara Berdarah Yahudi Garap Film Dokumenter Islam di AS

Senin 06 Jul 2015 11:05 WIB

Red: Sadly Rachman

Film dokumenter Islam di Amerika

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Berbagai kegiatan Ramadan digelar oleh diaspora Indonesia di Washington DC dan sekitarnya. Baru-baru ini IMAAM Center memutar film dokumenter 'An American Mosque' yang mengisahkan perjuangan umat Muslim di California melawan Islamaphobia dan merangkul umat beragama lainnya, serta menghadirkan sutradara film tersebut.

 

Film ini mengisahkan tentang komunitas Muslim dan Islamic Center di Yuba City, California yang berlangsung pada tahun 1994, jauh sebelum tragedi 11 September. Walaupun begitu, kisah ini masih sesuai dengan keadaan di masa kini karena ketakutan terhadap “perbedaan” masih terus menjadi berita utama media-media besar.

 

Amerika, kata David Washburn, sutradara film itu, adalah tempat yang terbaik ketika semua orang dari berbagai latar belakang menentang ketidakadilan, bekerjasama, dan menolak “perbedaan” sebagai alasan perpecahan dan ketakutan. Sejarah menunjukkan bahwa sikap ini menghasilkan perubahan positif bagi perjuangan hak-hak sipil, hak-hak gender, keseteraan gender, dan upaya perdamaian antar agama.

 

Sutradara berdarah Yahudi ini diundang untuk memutar filmnya oleh komunitas Muslim Indonesia di kawasan Silver Spring, negara bagian Maryland.

 

Sumber : VOA
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA