Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

 

Berdoa Cepat Dikabulkan

Sabtu 27 Aug 2011 05:00 WIB

Red: Johar Arif

Berdoa

Berdoa

Foto: Republika/Yogi Ardhi

Tanya:

Assalamualaikum, wr wb.

Pak ustad, bagaimana cara berdoa yang cepat dikabulkan?

Renaldhy    


Jawab:

Pak Renaldhy yang dimuliakan Allah..

Rasulullah pernah bersabda, “Do’a salah seorang kalian akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa (meminta pengabulannya) sehingga ia berkata, ‘Aku sudah berdo’a namun tidak juga dikabulkan’,” (HR Bukhari dan Muslim)

Di dalam Shahih Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Doa seorang hamba akan senantiasa terkabul selama ia tidak berdo’a untuk kemaksiatan atau untuk memutuskan silaturrahim, dan tidak tergesa-gesa.” Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, bagaimanakah bentuk ketergesa-gesaan yang dimaksud?” Nabi SAW menjawab, “Hamba tadi berkata, ‘Aku telah berdoa, sungguh aku telah berdoa, namun Allah belum juga mengabulkan doaku. Ia merasa jenuh dan letih, lalu akhirnya meninggalkan doa.”

Imam Ibnu Qoyyim Al Jauziyah  mengatakan dalam kitabnya Ad Daa’u wad Dawaa’u, “Salah satu kesalahan yang menghalangi adanya pengaruh dari do’a adalah seorang hamba tergesa-gesa dalam berdo’a. Ia menganggap Allah lambat mengabulkan do’anya yang akhirnya ia meninggalkan berdo’a kepada Allah”.

Oleh sebab itu, jika anda berdoa anda harus yakin dan percaya bahwa Allah lebih tahu apa yang anda butuhkan dan minta apa yang terbaik menurut Allah, dan insya Allah doa anda akan dikabulkan. Kalau doa anda belum dikabulkan, artinya memang saat tersebut belum tepat bagi anda untuk mendapatkannya, dan insya Allah itulah yang terbaik bagi anda menurut Allah.


Wallahu a'lam bishowab.

Ust. H. Zulhamdi M.Saad, Lc



Rubrik tanya jawab Ramadhan ini diasuh oleh Ikatan Da'i Indonesia (Ikadi). Kirim pertanyaan Anda ke: ustadzsiaga@rol.republika.co.id

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA