4 Masjid Jakarta yang Tepat untuk Berburu Takjil

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Indira Rezkisari

 Kamis 09 May 2019 02:39 WIB

Masjid Cut Meutia Foto: Republika/ Tahta Aidilla Masjid Cut Meutia

Beberapa masjid memiliki beragam jajanan dan takjil yang dijual di sekitarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernah merasakan takjil yang disediakan gratis di masjid? Beberapa diantara Anda pasti sudah pernah mencicipi takjil di masjid disengaja atau tidak disengaja. Entah karena sedang melewati masjid itu dekat dengan waktu buka, atau karena memang ingin sekalian tarawih di sana.

Masjid utama di kota besar umumnya memang menyediakan takjil bagi para jamaahnya secara cuma-cuma. Tapi di Jakarta terdapat masjid yang juga dikelilingi bermacam kuliner selama bulan Ramadhan.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati takjil kemudian segera melaksanakan shalat dan tarawih ada empat masjid di Jakarta yang bisa jadi pilihan.

Masjid Cut Meutia
Lokasinya yang strategis dengan area jualan yang agak luas membuat Masjid Cut Meutia menjadi salah satu pusat jajanan takjil. Pengunjung pasar jajanan ini biasanya para karyawan yang bekerja di sekitar masjid.

Tapi karena lokasinya berdekatan dengan stasiun Gondangdia, tak sedikit juga pembeli yang mampir ke pasar takjil sebelum pulang menumpang kereta. Jajanan yang ditemui juga tak kalah variatif. Ada bakso pentol pedas, kue pancong hingga nasi gudeg yang bisa dibawa pulang sebagai menu berbuka puasa.

Masjid Sunda Kelapa
Berlokasi di belakang Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Masjid Sunda Kelapa sudah tersohor sebagai salah satu tempat berburu takjil di Jakarta. Pada bulan Ramadhan, pelataran Masjid Sunda Kelapa akan akan berubah menjadi sentra penjualanan makanan dan minuman.

Terdapat berbagai jajanan anak seperti, kue basah dan kue kering, jajanan khas Betawi, dan berbagai minuman yang menyegarkan.

Masjid Pondok Indah
Area sekitar Masjid Pondok Indah, Jakarta Selatan juga seringkali dimanfaatkan sebagai lokasi berjualan takjil. Bermacam menu berbuka seperti kolak hingga makanan berat dapat anda temukan disana.

Pengunjung pun tidak kesulitan untuk melakukan ibadah salat Magrib jika mereka berburu takjil di sekitar Masjid Pondok Indah.

Masjid Agung Al-Azhar
Di daerah Jakarta Selatan, Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Al-Azhar yang berlokasi di Kebayoran Baru. Setiap bulan Ramadhan, masjid ini selalu diramaikan oleh bazaar yang menjual ragam hidangan berbuka puasa.

Mulai sore, pengunjung dapat membeli gorengan, kue tradisional, es buah, makanan berat seperti roti bakar, bakso, sop kambing dan sebagainya. Penjual memang rutin menjajakan dagangan setiap hari di sekitar masjid.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X