Minyak Esensial Bisa Bantu Jaga Kondisi Saat Berpuasa

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

 Kamis 09 May 2019 03:31 WIB

Minyak esensial Foto: Pixabay Minyak esensial

Sejumlah minyak esensial bisa dipakai untuk menjaga kondisi tubuh saat berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat berpuasa, Muslim dan Muslimah harus menahan diri untuk tidak makan dan minum serta menjaga kestabilan emosi. Guna mempertahankan kondisi tubuh selama menjalankan ibadah puasa, penggunaan minyak esensial bisa cukup membantu.

Training Manager Young Living Indonesia Lysa Evy Lenny mengatakan, salah satu efek langsung dari berpuasa adalah dehidrasi yang mengimbas kulit. Menahan dahaga dengan tidak minum membuat tubuh tidak mendapat asupan cairan dalam waktu lama.

"Agar kulit tetap kenyal dan cantik, gunakan minyak esensial yang berasal dari bunga seperti mawar, melati, geranium, atau lavender," kata Lysa.

Saat digunakan dengan cara menghirup langsung atau menggunakan alat diffuser, minyak floral itu mengeluarkan aroma menenangkan. Selain itu, minyak-minyak tersebut mendukung penampilan kulit tetap prima saat dioleskan.

Berpuasa memang bisa menyebabkan tubuh terasa lemas. Jika itu terjadi, Lysa menyarankan untuk menghirup minyak esensial panaway atau lemon. Merendam kaki dengan air yang bercampur peppermint juga bisa menghadirkan lompatan semangat.

"Apabila butuh konsentrasi lebih, bisa menghirup atau mengoleskan minyak esensial frankincense, lemon, atau peppermint yang membantu lebih fokus," ungkapnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X