Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

 

Pilih Bahan Makanan Ini untuk Sahur Penuh Gizi

Kamis 17 Mei 2018 04:14 WIB

Rep: MGROL 103/ Red: Indira Rezkisari

Alpukat kaya lemak baik, coba padukan dengan sedikit nasi dan gulung ala sushi untuk menu sahur.

Alpukat kaya lemak baik, coba padukan dengan sedikit nasi dan gulung ala sushi untuk menu sahur.

Foto: EPA
Buah sayur kaya cairan sangat dibutuhkan untuk mengganti cairan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berpuasa rata-rata makanan besar yang dikonsumsi hanya dua kali. Yaitu saat sahur dan berbuka.

Karena itu setiap sahur dibutuhkan hidangan yang gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan selama lebih dari 12 jam berpuasa. Dikutip dari laman Healthy Muslimah, protein merupakan salah satu komponen wajib dalam hidangan sahur.

Protein akan dicerna perlahan oleh tubuh, sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu protein juga membantu menstabilkan gula darah. Beberapa makanan berprotein yang baik seperti telur, ayam, daging, ikan, bubuk protein, almond serta kacang-kacangan lain.

Selain protein, tubuh juga membutuhkan lemak sebagai cadangan energi. Makanan seperti minyak zaitun dan minyak kelapa, buah-buahan alpukat, zaitun, kelapa, kaya lemak baik.

Baca juga: Kreasi Gulai Ayam dengan Kurma

Lemak juga terdapat di dalam kacang-kacangan serta biji-bijian. Serta bisa ditemukan dari laut dan juga mentega.

Berpuasa seharian tentu akan membuat tubuh dehidrasi, untuk mengganti cairan tubuh diperlukan makanan yang mengandung banyak air seperti sayur mentimun, tomat, seledri. Minuman seperti jus buah-buahan, ataupun teh herbal dan air kelapa juga disarankan untuk dikonsumsi saat sahur.

Untuk menjaga tubuh tetap kuat saat puasa, konsumsi juga makanan yang mengandung antioksidan seperti berbagai jenis berry dan gandum. Lalu tubuh juga membutuhkan vitamin dan mineral yang ada dalam sayuran dan buah untuk menjaga tubuh tetap bersifat basa.

Biji-bijian juga sangat disarankan, seperti gandum, quinoa, serta beras merah. Dan terakhir makanan yang diberkati dan disebutkan baik berkali-kali dalam Alquran, yaitu buah kurma.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES