Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

 

Semangat Terjaga Meski Berpuasa

Rabu 02 May 2018 16:10 WIB

Rep: mgrol104/ Red: Agung Sasongko

Anak berpuasa (ilustrasi)

Anak berpuasa (ilustrasi)

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Saat berpuasa, seseorang cenderung lemas dan tidak bertenaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat berpuasa, seseorang cenderung lemas dan tidak bertenaga. Kekurangan cairan ataupun nutrisi akan memperparah kondisi tubuh dan mood seseorang.

Kondisi tersebut akan memberikan pengaruh buruk  saat melakukan aktivitas sehari-hari. Sehingga, pekerjaan apapun yang dilakukan tidak memberikan hasil yang maksimal.

Lalu bagimana caranya agar semangat terus terjaga di tengah menjalankan ibadah puasa? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Pertama, kuatkan niat untuk menjalankan puasa satu hari penuh. Niat yang kuat akan memberi sugesti dan energi positif kepada otak dan tubuh kita agar siap menjalani aktivitas.

Pilih menu sahur yang baik. terapkan empat sehat dan lima sempurna untuk memberikan energi yang maksimal. Pilih makanan atau minuman dengan protein dan vitamin yang tinggi. Dibanding karbohidrat, protein akan menguatkan otot dan tulang sehingga membuat kamu tidak mudah lemas.

Selanjutnya, usahakan agar tidak tidur lagi setelah sahur. Makan setelah tidur akan membuat kamu malas ketika bangun nanti. Sebaiknya, kamu langsung mengerjakan tugas harian, pergi ke sekolah atau ke kantor. Menghabiskan waktu di jalan juga akan membuat tubuhmu lelah. Jadi, jika masih mengantuk, kamu bisa beristirahat di sekolah atau kantor  hingga pelajaran atau jam kerja di mulai.

Jangan terlalu banyak bicara yang tidak penting. Berbicara pun membutuhkan energi. Bicarakan hal yang penting saja dan hindari tertawa berlebihan. Selain menghemat energi, kamu juga akan terhindar dari percakapan yang tidak baik, seperti menggunjing orang.

Ketika memasuki jam istirahat, kamu bisa menggunakannya untuk tidur, membaca al-qur’an atau bersantai sembari mendengarkan musik, serta menonton acara hiburan. Hindari aktivitas yang berlebih.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES