Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

 

7 Tips Menyambut Bulan Ramadhan

Selasa 01 May 2018 21:00 WIB

Rep: mgrol104/ Red: Agung Sasongko

Ramadhan

Ramadhan

Ramadhan merupakan kesempatan untuk memperbanyak amal dan ibadah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanya tinggal menghitung hari untuk bulan suci Ramdhan tiba. Sebagai umat Islam haruslah mempersiapkan diri terlibih dahulu agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan nyaman. Ada beberapa tips dan persiapan  yang dapat kamu lakukan menjelang Ramadhan:

1. Menjalani puasa di hari biasa
Bagi yang tidak terbiasa, puasa sebulan penuh akan cukup menyulitkan. Agar kamu tidak kaget, cobalah melakukan puasa sehari atau dua hari selama satu pekan,nmisal puasa Senin dan Kamis. Jika hal tersebut rutin kamu lakukan, pasti menjalani bulan Ramdhan akan mudah.

2. Menyelesaikan Qadha Puasa Ramadhan
Seperti yang kita ketahui, bahwa puasa di bulan Ramadhan adalah suatu kewajiban. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang diperbolehkan tidak berpuasa dan harus menggantinya di bulan lain. Seperti, menstruasi, sakit atau perjalanan jauh. Jika kamu masih memiliki hutang puasa Ramadhan, sebaiknya selesaikan sebelum Ramadhan tiba.

3. Kurangi cemilan
Mengurangi cemilan sangat membantu seseorang dalam mengatur pola makan. Hal tersebut membuat seseorang mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, sehingga ketika berpuasa, tidak akan sering merasa lapar.

4. Persiapan Khatam Alquran
Banyak orang yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai waktu untuk mengkhatamkan Alquran. maka dari itu, mulailah menghitung berapa banyak ayat atau juz yang harus dibaca setiap harinya agar selesai tepat ketika Ramadhan berakhir.

5. Kurangi berperilaku buruk
Puasa juga menjadi tempat seseorang untuk melakukan hal-hal baik. mulai dari menjaga sikap, perkataan dan perbuatan. Alangkah baiknya, hal tersebut mulai kita lakukan sejak saat ini bahkan setelah Ramadhan usai.

6. Persiapkan Harta
Bulan Ramadhan adalah ladangnya pahala dan penebusan dosa. Selain melakukan ibadah shalat atau puasa, banyak hal yang dapat dilakukan untuk berbuat kebaikan. Contohnya, membayar zakat, infaq dan bersedekah. Tidak harus banyak, tetapi niat yang ikhlas dan tulus karena Allah ta’ala.

7. Olahraga
Mulailah berolahraga utuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh kamu. Ketika puasa, seseorang akan mudah lemas dan jatuh sakit jika tidak diimbangi pola makan yang sehat dan tentunya berolahraga yang cukup.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES