Penderita Maag dan Puasa

Rep: Mgrol104/ Red: Agung Sasongko

 Selasa 01 May 2018 20:45 WIB

Ilustrasi Sakit Maag Foto: Pixabay Ilustrasi Sakit Maag

Banyak penyebab maag

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Maag adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Banyak penyebabyang menjadi asal mula penyakit ini. faktor-faktornya, yaitu makan yang tidak teratur, minumkopi atau bersoda, merokok, stres dan memakan cemilan yang mengandung lemak secaraberlebih.

Penderita maag terbagi dua, yaitu maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional adalahsakit maag yang tidak diikuti kelainan saluran pencernaan. Sebaliknya, maag organik diikutidengan adanya kelainan pada saluran pencernaan.

Bagi penderita maag, sering timbul pertanyaan bagaimana cara menjalankan ibadah puasa ketikasakit maag. Hal yang perlu diketahui, yaitu bahwa maag bukanlah penghalang bagi seseoranguntuk berpuasa. Puasa akan membantu penderita maag untuk sembuh lebih cepat.

Waktu untuk menjalankan puasa yakni ketika matahari terbit hingga matahari terbenam. Sebelumpuasa, seseorang harus sahur terlebih dahulu, lalu akan berbuka ketika maghrib tiba. Siklus initerjadi berturut-turut selama satu bulan. Hal tersebut menyebabkan seseorang akan makandengan teratur. Bagi penderita maag fungsional, cara ini akan membuat maag dapatdisembuhkan. Tidak meminum kopi dan merokok dalam waktu lama pun akan mempercepatpenyembuhan maag.

Akan tetapi, bagi penderita maag organik dianjurkan untuk menyembuhkan penyakitnya terlebihdahulu dan terus berkonsultasi dengan dokter. Berpuasa sambil meminum obat akan mempunyaitingkat kesebuhan yang lebih besar ketimbang meminum obat tanpa berpuasa.

Puasa di bulan Ramadhan memberikan pengaruh positif yang lebih besar. Seseorang akan lebihgiat memperdalam agama dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Hal itu akanmemberikan ketenangan hati dan pikiran yang bermanfaat bagi penderita maag. Sehingga, maagtidak akan sering kambuh.

Sesungguhnya, perintah Allah akan selalu memberikan manfaat bagi orang yang menjalankannya.


(Buku Berjudul; Oase Ramadhan Panduan Sehat SelamaRamadhan – Karya; Dr. H. Briliantono M. Soenarwo, SpOT, FICS, MD.PhD, MBA)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X