Jaga Tubuh Fit Selama Puasa dengan Aerobik

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari

 Kamis 15 Jun 2017 07:28 WIB

Berolahraga saat puasa bisa dilakukan dengan memahami triknya. Foto: Republika/Raisan Al Farisi Berolahraga saat puasa bisa dilakukan dengan memahami triknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi badan yang lemah karena tidak makan dan minum selama berpuasa adalah salah satu alasan orang enggan untuk berolahraga. Padahal, selain menjaga asupan nutrisi, olahraga yang tepat juga dapat membantu membuat tubuh lebih fit.

"Tujuan berolahraga saat puasa adalah untuk mempertahankan kondisi fisik dan kebugaran serta menghilangkan perasaan lemas dan ngantuk," ujar dokter spesialias kedokteran olahraga dr. Rachmad Wishnu Hidayat, dalam acara Berbuka Puasa Bersama Greenfields, Rabu (14/6).
 
Rachmad menjelaskan, olahraga berfungsi membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan melancarkan metabolisme sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga selama berpuasa. Karena itu, meski sedang berpuasa kita sebaiknya tetap berolahraga karena dapat membantu membuat tubuh menjadi tetap fit.
 
Jenis olahraga yang dipilih, menurut Rachmad haruslah yang tidak terlali melelahkan dan menguras energi. Berolahraha ringan seperti stretching, senam aerobik atau kalistenik ringan, jalan santai dapat dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka puasa dengan intensitas olahraga tidak berat. Ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi.
 
"Olahraga juga bisa dilakukan di rumah atau area kerja sambil menunggu waktu berbuka dengan memilih latihan kekuatan dan ketahanan otot," kata Rachmad.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X