Membuat Bulan Ramadhan Menjadi Berkah

Rep: C30/ Red: Indah Wulandari

 Rabu 17 Jun 2015 05:00 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: REUTERS/MOHAMED AL-SAYAGHI Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT telah menciptakan waktu-waktu spesial untuk hamba-Nya agar mendekatkan diri. Serta waktu ketika Allah SWT akan memeluk erat hamba-Nya lebih dari apapun.

onislam.net melansir, waktu berkah bagi Allah ketika sepertiga malam, atau sebelum datangnya waktu Subuh. Waktu paling utama untuk mengadu dan meminta pada Allah. Kemudian hari Jumat, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dan hari Arafah, malam khusus seperti 10 malam terakhir bulan Ramadhan dan malam Lailatul Qadar, dan bulan khusus bulan Ramadhan.

Bila dalam hitungan tahun Hijriyah, Ramadhan merupakan bulan kesembilan di kalender Islam. Bulan Ramadhan merupakan bulan paling berkah di sepanjang tahun karena setiap individu akan berlomba-lomba memperbanyak ibadah dan memeperbaiki kualitas dirinya dalam mendekatkan diri pada Allah SWT.

Ada beberapa tips untuk membuat bulan Ramadhan menjadi semakin berkah. Pertama,  pastikan shalat Subuh berjamaah untuk membuat diri seorang Muslim bercahaya di hari kiamat nanti.

Kedua, usahakan membaca Alquran, satu hari satu juz. Namun jika benar-benar tidak bisa, usahakan membaca Alquran sebanyak yang mampu dilakukan.

Jika memiliki kelompok mengaji, itu bahkan lebih baik dengan bersama-sama untuk mengaji dan menyelesaikan juz per juz. Bahkan lebih baik lagi jika melakukan tadarus bersama dengan keluarga di rumah.

Ketiga, usahakan memiliki waktu sendiri untuk membaca tafsir Alquran, mengetahui kosa katanya dan memahami isi Alquran. Lalu, cobalah untuk tidak makan terlampau kenyang saat berbuka puasa. Serta mulai rutin untuk melakukan shalat Dhuha agar  menjadi orang yang tulus dan saleh.

Keempat, usahakan untuk dapat tidur siang supaya fokus melakukan shalat Isya’ dan Tarawih. Kemudian memperbanyak dzikir (mengingat Allah).

Hal-hal di atas ini merupakan tips yang dapat Anda dilakukan selama bulan Ramadhan untuk menghindari Anda mengejar hal duniawi saja, ada baiknya untuk mulai introspeksi dengan segala hal yang mendekatkan diri dengan Allah SWT.

 

Play Podcast X