8 Cara Persiapan Diri untuk Ramadhan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko

 Selasa 16 Jun 2015 08:36 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Reuters/Mohsin Raza Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Ramadhan sudah di depan mata. Memulai lembaran baru dengan Allah, sesama manusia, juga lingkungannya. Pada lembaran baru ini, seseorang harus terlebih dahulu bertobat untuk menggapai rahmat Allah pada bulan ini.

Bagaimana caranya mempersiapkan diri untuk Ramadhan tahun ini, Profesor Fikih Islam dari Universitas Internasional Islam Malaysia, Dr Sano Koutoub Moustapha, mengatakan ada delapan cara, dilansir dari On Islam, Selasa (16/6).

Pertama, rajin berdoa setiap hari supaya Allah senantiasa memberi kesehatan untuk menjalankan puasa pada bulan suci. Kedua, mulai bertobat dan memohon ampun dari Yang Mahakuasa atas seluruh kesalahan yang telah diperbuat setahun sebelumnya.

Ketiga, berpuasa sesuai dengan kaidah Islam, syarat dan rukunnya yang telah ditetapkan Allah. Keempat, meminta maaf ke semua anggota keluarga, rekan kerja, tetangga, dan kerabat.

Kelima, menahan diri dari fitnah, memfitnah, dan perbuatan melanggar hukum lainnya. Keenam, bersihkan hati dan jiwa dari iri hati, dengki, kemunafikan, kesombongan, dan semua penyakit hati lainnya.

Ketujuh, carilah restu dan berkat dari orang tua ketika mereka masih hidup. Mohon ampun atas kesalahan Anda pada mereka. Kedelapan, tidak bermalas-malasan ketika berpuasa, tetapi tetap semangat beraktivitas sehari-hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X