Germasi Bantu Jamaah Beramal Shaleh

Rep: mgrol25/ Red: Agung Sasongko

 Selasa 01 Jul 2014 19:04 WIB

Pengungsi erupsi Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, menikmati nasi bungkus yang didistribusikan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU pada Sabtu (15/2). Foto: Istimewa Pengungsi erupsi Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, menikmati nasi bungkus yang didistribusikan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU pada Sabtu (15/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gerakan Lima Bungkus Nasi (Germasi) yang dibuat oleh panitia Ramadhan Jakarta Islamic Centre (JIC) membantu jamaah yang ingin bersedekah. Teknisnya, lima bungkus nasi ini akan diberikan pada jamaah yang berpuasa pada kegiatan buka bersama setiap harinya.

“Kami ingin memfasilitasi sedekah jamaah, tapi juga tidak ingin memberatkan,” Mochamad Hasyim, Ketua Sub Bagian Humas, memberikan alasan ditemui di kantornya, di Masjid Islamic Centre, Selasa (1/7).

Hasyim juga menyatakan, pihaknya pun menerima sedekah untuk berbuka dalam bentuk uang. Uang ini, kata Hasyim, nantinya akan dikelola pihak JIC, dan dibelikan keperluan pangan untuk takjil dan ifthar. Pihak JIC terlebih dahulu merangkul masyarakat di sekitar masjid.

Dari keterangan Hasyim, JIC biasanya menyediakan 500-1000 makanan berbuka untuk jamaah. Jika hanya sedikit yang melakukan Germasi, Hasyim mengatakan pihaknya tidak bergantung pada sedekah jamaah.

“Kami juga menyiapkan sendiri makanannya, dan biasanya selalu habis,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X