Ramadhan Politik Ala RICMA

Rep: c92/ Red: Agung Sasongko

 Senin 16 Jun 2014 20:25 WIB

Semarak Ramadhan di Masjid Cut Meutia Foto: Republika/Prayogi Semarak Ramadhan di Masjid Cut Meutia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Remaja Masjid Cut Meutia (RICMA) menyiapkan sejumlah acara selama Ramadhan. Untuk Ramadhan 1435 H ini, RICMA mengambil tajuk Ramadhan Politik (Pelihata Otak Lisan Hati Kita). Ada delapan agenda acara yang telah disiapkan.

Pada 1 Juli 2014, RICMA mengadakan acara rutin tahunan berupa Ta’jil on the Road di Bundaran HI, Jakarta. Acara ini bertujuan membantu para pengguna jalan-jalan utama di Jakarta untuk berbuka. Selain melibatkan pengurus RICMA, acara Ta’jil on the Road juga melibatkan anak-anak yatim asuhan mereka.

RICMA juga mengadakan serangkaian bazar dan pameran bagi masyarakat Jakarta, terutama Menteng dan sekitarnya. Tiga  acara yang dipersiapkan yaitu RICMA Fair, RICMA Camp, dan RICMA Moslem Market.

Selanjutnya, dalam RICMA Fair, masyarakat dapat menyumbang serta membeli baju layak pakai. Harga baju layak pakai ini berkisar Rp 5.000 hingga Rp 20 ribu. Ada pula penjualan sembako serta kebutuhan primer dan sekunder dengan harga murah.

Selain itu, RICMA bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) juga menyelenggarakan acara periksa gigi gratis. Acara ini dapat diikuti oleh umum dan diutamakan untuk anak-anak. Acara ini hanya diselenggarakan selama sehari, yaitu tanggal 4 Juli 2014.

Dari tanggal 4-6 Juli 2014 juga diadakan acara kaderisasi internal RICMA yang bertajuk RICMA Camp. Acara ini diselenggarakan di dua tempat, yaitu Multifunctionhall Masjid Cut Meutia dan Hotel Sofyan Betawi. Dalam acara ini para kader dapat memperdalam ilmu tentang Islam dan cabang ilmu di bawahnya dari berbagai perspektif.

Acara ini dapat diikuti oleh remaja usia 17-24 tahun yang ingin bergabung dengan RICMA. Adapun biaya untuk mengikuti acara ini adalah Rp 180 ribu dengan fasilitas menginap di hotel, makan, materi, dan sebagainya.

RICMA Moslem Market merupakan acara pameran brand muslim dan makanan halal yang diselenggarakan RICMA. Dalam acara ini ada hiburan, talk show tentang makanan halal, coaching clinic cara berhijab, fashion show dan band.

RICMA Moslem Market bertujuan meningkatkan kesadaran sosial dan semangat berkreasi di kalangan remaja muslim. Melalui acara ini, RICMA juga berharap dapat menjadi pionir Islam yang aktif dan kreatif. Kegiatan ini diadakan tanggal 18-20 Juli 2014 di Mall Jakarta.

Hasil penjualan dari RICMA Moslem Market akan digunakan untuk kegiatan amal berupa “1,7 Km Karpet Sajadah.” Acara ini awalnya akan diselenggarakan untuk memecahkan rekor MURI. Namun, karena adanya keterbatasan biaya, acara ini dilakukan dengan memberikan bantuan sajadah dan karpet untuk surau-surau kecil di sekitar Masjid Cut Meutia.

Acara rutin tahunan lain yang diselenggarakan RICMA yaitu peringatan Nuzulul Qur’an pada tanggal 14 Juli 2014. Dalam acara ini akan ada kegiatan tadarus bersama serta kajian tentang Al Qur’an. Kegiatan ini akan dilakukan di Masjid Cut Meutia.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X