Tips Puasa Bagi Penderita Sakit dari Kemenkes

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih

 Kamis 18 Jul 2013 10:09 WIB

Berpuasa Foto: futurity.org Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan memberikan sejumlah tips bugar selama berpuasa. Khususnya bagi penderita diabetes, hipertensi, penyakit  jantung, asma, dan PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama mengatakan, ada lima tips yang bisa diterapkan oleh penderita penyakit di atas selama berpuasa. 

Pertama, setiap kali berbuka puasa dan sahur, hidangan minimal harus terdiri dari empat sehat lima sempurna. Seperti makanan pokok, lauk-pauk, ikan, susu, sayur, dan buah. Khusus untuk buah, makan satu porsi lagi setelah shalat tarawih atau menjelang tidur. 

Kedua, hindari makan makanan terlalu asin dan tinggi lemak. Baik pada saat berbuka puasa maupun sahur. Ketiga, perbanyak minum air putih 8-10 gelas mulai buka puasa sampai waktu sahur. Keempat, atasi stres. Antara lain dengan memperdalam agama dan memperbanyak ibadah.

Terakhir, sesuaikan jadwal minum obat selama bulan puasa. Misalnya saat berbuka puasa, sebelum tidur dan sahur, serta minum secara teratur sesuai anjuran dokter.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X