Puasa Lancar, Tulang Tetap Terjaga

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani

 Kamis 26 Jul 2012 01:03 WIB

Susu - ilustrasi Susu - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Tulang sangat penting bagi tubuh. Postur tubuh yang baik tentunya ditunjang oleh  tulang sehat dan kuat. Untuk itu, tulang harus dijaga supaya jangan cepat keropos.

Saat ini telah memasuki bulan puasa. Saat puasa, kita harus menahan lapar, haus dan hawa nafsu selama 14 jam. Saat itu, asupan kalori dan energi semakin berkurang. Namun, puasa jangan jadi penghalang untuk tetap bekerja, dan berolahraga. Aktivitas seperti inilah yang dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Marketing Manager Anlene Arief Tjakraamidjaja mengatakan pengeroposan pada tulang harus dicegah. Adapun caranya dengan berolahraga (jalan kaki), rajin memeriksakan kesehatan tulang, rajin terpapar sinar matahari saat pagi juga sore hari. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi susu berkalsium tinggi setiap hari. ‘’Susu berkalsium tinggi ini merupakan salah satu nutrisi utama untuk kesehatan tulang, ‘’ kata Arief, kemarin.

DR dr Fiastuti Witjaksono SpGK MSc, juga mengungkapkan hal yang sama. Saat berpuasa jumlah asupan nutrisi, kalsium dan kesehatan tulang harus tetap diperhatikan. “Kekuatan tubuh manusia biasanya akan menurun saat berpuasa karena kita tidak mendapatkan asupan nutrisi selama 14 jam. Padahal, selama kita berpuasa, jumlah asupan nutrisi dan kalsium yang diperlukan tubuh sama jumlahnya dengan ketika tidak berpuasa,” kata dia.

Karena itu, mengkonsumsi makanan yang mudah diserap seperti susu sangat penting sekali sebagai asupan energi. Dia mengatakan, mengonsumsi susu berkalsium pada saat bulan puasa dapat menjaga rasa kenyang lebih lama.

Fiastuti menambahkan saat melakukan ibadah shaum, jadwal olahraga juga jangan ditinggalkan. Karena olahraga bagus untuk kebugaran tubuh dan kesehatan tulang. Saat berpuasa, pengaturan jadwal aktivitas pun sebaiknya disesuaikan. Aktivitas fisik sebaiknya tidak dilakukan setelah sahur. Fiastuti menyarankan untuk melakukan olahraga jalan kaki saat mendekati waktu buka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X