Cukup Air untuk Ramadhan Sehat (2-habis)

Rep: Indah Wulandari/ Red: Chairul Akhmad

 Rabu 02 Jul 2014 15:47 WIB

Mengonsumsi air putih pada bulan Ramadhan menjadi komponen penting bagi kaum Muslim. Foto: Republika/Agung Supriyanto Mengonsumsi air putih pada bulan Ramadhan menjadi komponen penting bagi kaum Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam buku Air Bagi Kesehatan edisi kedua tahun 2012 yang disusun oleh Dr dr Budi Iman Santoso SpOG (K), Prof Hardinsyah MS,  Dr dr Parlindungan Siregar SpPD-KGH, dan Dr Sudung O Pardede SpA (K) disebutkan minum dalam jumlah banyak secara sekaligus dapat menyebabkan pengenceran darah dan menyebabkan kondisi hiponatremia (kadar natrium dalam darah turun dari normal) sehingga tidak baik bagi kesehatan.

Karena itulah, sangat penting untuk mengatur jumlah air minum per gelas yang aman dikonsumsi selama waktu berbuka hingga sahur.

“Untuk memastikan kecukupan asupan air dalam tubuh, lakukan pengecekan warna urine secara rutin untuk mengetahui status hidrasi selama bulan Ramadhan,” ujar Pradono.

Lewat metode PURI (pemeriksaan urine sendiri), seseorang dapat membandingkan warna urine dengan warna grafik pada stiker PURI yang akan menunjukkan apakah tubuh sudah terhidrasi dengan baik atau membutuhkan tambahan cairan.

Dalam diskusi ini juga dijelaskan beberapa langkah pendukung untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan terjaga kesehatannya selama berpuasa.

Di antaranya, meningkatkan konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air serta mengurangi konsumsi minuman yang meningkatkan pengeluaran air kemih dan mengundang rasa haus, seperti teh, kopi, dan soda.

Selain itu, presenter Ferdi Hasan yang hadir sebagai bintang tamu dalam diskusi ini mengaku menemukan tantangan tersendiri untuk menerapkan pola hidup sehat selama bulan Ramadhan.

Hal ini tentunya memunculkan kekhawatiran mengenai kesehatan saat berpuasa. Padahal, kesehatan merupakan salah satu kunci menjalani ibadah puasa dengan lancar agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

“Pola minum air putih 2+4+2 dari Aqua sangat membantu tak hanya buat saya pribadi yang termasuk awam, tapi juga masyarakat pada umumnya.  Tips ini sebagai solusi awal yang mudah dan praktis untuk menjaga kesehatan pribadi serta keluarga selama beribadah puasa,” kata Ferdi.

Sosialisasi pola hidrasi sehat selama berpuasa ini merupakan langkah berkelanjutan Danone Aqua dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga asupan air bagi tubuh untuk mewujudkan kesehatan bagi sebanyak mungkin masyarakat Indonesia.

Secara aktif, Danone Aqua terus melakukan inisiatif untuk memajukan ilmu mengenai hidrasi di Indonesia, antara lain, melalui kegiatan penelitian, diseminasi, serta simposium.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X