Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

 

Oki Setiana Dewi Ungkap Cobaan Berhijrah

Jumat 24 May 2019 15:11 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Indira Rezkisari

Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi

Foto: ROL/Fakhtar K Lubis
Oki mengingatkan untuk meluruskan niat berhijrah karena Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustazah Oki Setiana Dewi mengingatkan kepada setiap umat Islam yang sedang hijrah bahwa hijrah itu banyak cobaannya. Hal ini ia sampaikan dalam kegiatan Hijrah Fest 2019 di JCC Senayan, Jakarta.

Ia menyebut orang yang menyatakan dirinya sudah hijrah, tidak serta merta terlepas dari godaan dan ujian. Justru ujian ini datang untuk mengetahui seberapa istiqomah seseorang dalam berhijrah.

"Jika ujian datang, paksakan diri untuk tetap beribadah. Allah akan menguji dirimu dengan berbagai cobaan, bisa dengan masalah keluarga, pekerjaan, dan pertemanan," ujarnya di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (24/5).

Allah SWT menguji umatnya karena Allah ingin tahu siapa yang memang bersungguh-sungguh mengubah hidupnya ke arah yang lebih baik. Apakah hijrahnya ini karena Allah SWT atau mengikuti tren yang ada.

Allah SWT ingin melihat siapa yang terbaik dalam amalannya. Siapa yang sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian yang diberikan.

"Sabar tidak hanya sekedar menanggung ujian dari Allah. Tapi sabar juga dibutuhkan dalam meninggalkan kemaksiatan dan melakukan ketaatan terhadap Allah SWT," ucapnya.

Momentum hijrah di bulan suci Ramadhan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Oki mengingatkan agar setiap umat berlomba-lomba dalam kebaikan dan memperbanyak doa.

Dalam berhijrah, ia juga mengingatkan untuk meluruskan niat karena Allah SWT. Berhijrah tidak hanya mengubah penampilan dan menutup aurat.

Ada langkah-langkah lanjutan yang harus dilakukan, salah satunya memperbanyak mengkaji ilmu Allah. Perbanyaklah membaca ayat Alquran, berdoa, dan menjaga diri.

"Dalam setiap ujian jangan bersedih dan lemah. Karena ujian berarti derajat kita ditingkatkan oleh Allah. Bergandengtanganlah bersama saudara yang hijrah, insya Allah kita kuat," lanjutnya.



Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES