Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

 

Ada 5.500 Masjid Berdiri di NTB

Rabu 16 Mei 2018 15:41 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Agung Sasongko

Masjid Hubbul Wathan di Kompleks Islamic Center NTB yang terletak di Kelurahan Selaparang, Kota Mataram, Provinsi NTB.

Masjid Hubbul Wathan di Kompleks Islamic Center NTB yang terletak di Kelurahan Selaparang, Kota Mataram, Provinsi NTB.

Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Pulau Lombok di Provinsi NTB dijuluki sebagai pulau seribu masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dijuluki sebagai pulau seribu masjid. Julukan tersebut disematkan kepada Pulau Lombok karena banyaknya bangunan masjid dan mushala di sana.

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi NTB, Rosiady Sayuti mengatakan, berdasarkan catatan Kementerian Agama ada sekitar 5.500 masjid di NTB. Meski jumlahnya mencapai 5.500 tetap julukannya pulau seribu masjid.

"Masjid ini (Masjid Hubbul Wathan di Kompleks Islamic Center NTB) adalah induk dari ribuan masjid," kata Rosiady kepada Republika.co.id, Rabu (16/5).

Islamic Center NTB dibangun di Kelurahan Selaparang, Kota Mataram, NTB. Islamic Center NTB merupakan ide dan cita-cita masyarakat NTB sejak dulu. Sejak 20 tahun yang lalu sudah diwacanakan sampai dibuat panitia untuk membangun Islamic Center NTB.

Namun, penentuan lokasi dibangunnya Islamic Center NTB dan peletakan batu pertama baru dilakukan ketika Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menjabat Gubernur NTB. Ketika itu TGB baru menjabat sebagai gubernur pada tahun 2008.

"Itu sebabnya mengapa ini (Islamic Center NTB) salah satu peninggalan bersejarah Tuan Guru Bajang yang sebentar lagi akan mengakhiri masa penghidmatannya sebagai gubernur (NTB) di periode ke-2," ujarnya.

Rosiady menjelaskan, Islamic Center NTB dibangun di atas tanah seluas 7 hektare, Masjid Hubbul Wathan sebagai bangunan intinya. Islamic Center NTB akan dilengkapi bangunan untuk lembaga pendidikan, pusat kajian Islam dan lain sebagainya.

Rencananya, di sebelah utara Masjid Hubbul Wathan akan ada area komersial. Di sana akan dibangun Bank NTB Syariah. Dikatakan dia, pihaknya sangat bersyukur karena sejak diresmikan Islamic Center NTB pada akhir tahun 2016, masjid selalu penuh saat Solat Jumat, Subuh dan Asar.

"Khususnya di bulan Ramadhan, dari awal sampai akhir (shalat) tarawih penuh terus, faktor daya tariknya gubernur dan panitia mengundang imam besar dari Timur Tengah," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata akan kembali menggelar Pesona Khazanah Ramadhan (PKR) 2018 di Kompleks Islamic Center NTB. PKR 2018 akan dimeriahkan oleh para dai ternama dan rangkaian acaranya akan membuat Ramadhan di NTB semakin meriah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES