Bagaimana Cara Menyambut Bulan Ramadhan? (1)

Rep: satria kartika yudha/ Red: Ani Nursalikah

 Ahad 14 Jun 2015 07:31 WIB

Bulan Ramadhan/ilustrasi Foto: wordpress.com Bulan Ramadhan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan segera tiba.  Di bulan suci ini, pintu maaf dibuka selebar-lebarnya. Kita sebagai umat Muslim harus bisa memanfaatkannya.

Ada lima hal yang setidaknya bisa kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan, seperti dilansir laman On Islam.

1. Doa khusus
Berdoalah kepada Allah agar kita bisa memasuki bulan Ramadhan dengan kondisi kesehatan yang baik sehingga bisa menjalani ibadah dengan baik pula.

Itu seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dengan doanya sejak awal bulan Rajab. "Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan Syaban dan sampaikanlah Kami ke bulan Ramadhan"

2. Bersyukur dan berbahagia
Ketika bulan datang, maka kita harus bersyukur kepada Allah dan menunjukkan kebahagiaan. Nabi Muhammad pun selalu memberikan kabar baik kepada para sahabatnya.

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa." (An-Nasa'i, 2106)




Play Podcast X