Ide Menu Puasa Ramadhan Bagi Vegetarian

Red: Indira Rezkisari

 Selasa 14 May 2019 14:10 WIB

Jamur yang dipanggang dengan bumbu barbecue bisa jadi menu berbuka vegetarian. Foto: Torange Jamur yang dipanggang dengan bumbu barbecue bisa jadi menu berbuka vegetarian.

Olahan jamur atau kreasi quinoa bisa dijadikan pilihan menu Ramadhan vegetarian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda vegetarian? Vegetarian biasanya hanya mengonsumsi makanan yang bersumber nabati dan tidak mengonsumsi hewani semacam daging-dagingan.

Menjadi vegan bukan menjadi halangan untuk tetap berpuasa. Di bulan Ramadhan ini, penganut pola makan vegan bisa tetap berpuasa dengan makanan ala vegetarian yang sehat dan bergizi.

Berikut tips menu makanan bagi vegetarian yang berpuasa di bulan Ramadhan, seperti dilansir dari Khaleej Times, Selasa (14/5):

1. Protein crepes dapat dibuat menggunakan tepung quinoa dan campuran dari berbagai lentil yang diaduk dengan daun ketumbar, wortel parut, bit dan beberapa potongan protein quorn (pengganti daging) yang kaya akan protein. Protein crepes merupakan bahan camilan dengan protein tinggi dan rendah karbohidrat.

2. Nasi dapat dikonsumsi dengan hidangan termasuk kacang-kacangan dan sebagian besar sayuran hijau untuk menambah nilai gizi.

3. Keju cottage yang disajikan dengan salad sayuran juga bisa menjadi menu makanan berbuka yang sehat. Cottage merupakan keju lembut yang dibuat dari dadih dan memiliki rasa yang asam. Keju jenis ini kaya kandungan protein dan nutrisi.

4. Quinoa Tabbouleh salad yang disajikan bersama roti gandum juga bisa menjadi makanan sehat anda. Salad tabbouleh ini adalah makanan yang populer di Timur Tengah, yang berakar dari masakan Lebanon. Salad vegan hijau ini merupakan campuran dari peterseli cincang segar, mint segar, tomat, daun bawang, jus lemon, dan minyak zaitun. Tabbouleh tradisional juga termasuk biji-bijian gandum bulgur atau bisa diganti quinoa. Penggunaan quiona ini membuat salad ini bebas gluten dan menambah protein sehat.

5. Sayuran berserat, seperti bayam, labu, asparagus, jamur atau brokoli juga bisa pilihan sayuran untuk santapan berbuka dan sahur.

6. Jamur adalah makanan pembuka vegetarian yang bergizi. Tak hanya memiliki citarasa lezat, jamur juga memiliki kandungan gizi yang baik. Jamur sangat rendah kandungan kalori, karbohidrat, lemak dan juga sodiumnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X