Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

 

Pakar Kesehatan Bagi Lima Menu Seimbang untuk Sahur

Rabu 08 May 2019 04:15 WIB

Rep: Muhammad Riza Wahyu Pratama/ Red: Indira Rezkisari

Buah alpukat bisa jadi pilihan menu sahur sehat.

Buah alpukat bisa jadi pilihan menu sahur sehat.

Foto: Flickr
Menurut pakar sahur adalah kombinasi seimbang karbo, protein, dan lemak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seseorang yang berpuasa Ramadhan harus tahu cara menyiapkan makanan sehat untuk sahur. Seorang pakar diet dan kesehatan pencernaan, Nour Zibdeh, menyarankan sebuah kombinasi seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Hal itu bertujuan untuk menjaga asupan makanan selama satu hari berpuasa. Sebagaimana dilansir The Kitchn, Rabu (8/5).

Selain itu, perlu diperhatian pula mengenai cairan yang masuk ke dalam tubuh. Nour merekomendasikan untuk minum satu atau dua gelas air saat sahur. Ia menambahkan, makanan sahur sebaiknya adalah hidangan yang tidak berkuah agar perut tidak terasa penuh. Pastikan bahwa makanan tersebut juga tidak kering.

Selain itu perlu juga untuk mendapatkan air selain melalui minum. Hal itu bisa didapatkan lewat sayur dan buah-buahan. Nour mengatakan, langkah tersebut bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti menambahkan irisan mentimun.

Inilah lima resep seimbang yang enak dan memberikan cairan bagi tubuh. Resep ini bisa dibuat saat malam sebelum tidur. Sehingga untuk membuatnya tidak perlu mengurangi jatah waktu tidur.

Buncis dan Potongan Sayuran
Menu ini adalah kombinasi antara satu mangkuk buncis, setengah mangkuk irisan mentimun, setengah mangkuk irisan tomat, air lemon (1 buah lemon kecil), dan minyak zaitun secukupnya.

Cara membuatnya adalah bumbui bahan tersebut dengan garam dan lada hitam. Taburi dengan setengah mangkuk keju, serta basahi dengan sedikit minyak zaitun.

Saus Tahini dan Pancake Ubi Jalar Maple
Bahan yang dibutuhkan adalah, daging buah dari satu ubi jalar yang sudah dipanggang dan didinginkan. Masukkan ubi tersebut ke dalam sebuah mangkuk kecil. Tambahkan dua butir telur dan sedikit garam. Tumbuk dan aduk keduanya sampai tercampur rata.

Kemudian aduk adonan dengan dua sendok makan sirup maple. Tambahkan dengan satu sendok makan saus tahini.

Selanjutnya, panaskan wajan anti-lengket di atas api sedang. Masukkan seperempat cangkir adonan dan panaskan selama tiga menit. Lalu, balik adonan dan panaskan lagi selama tiga menit. Ulangi dengan adonan yang tersisa.

Jika telah selesai, taruh satu irisan apel di atas pancake dan berikan sedikit saus tahini dan maple.

Alpukat dan Salmon Panggang
Bakarlah satu iris roti gandum utuh dan oleskan dua sendok makan yogurt Yunani. Tempatkan separuh alpukat di atasnya dan ratakan dengan garpu. Kemudian, taburi dengan tiga iris salmon asap dan beberapa irisan mentimun. Bumbui dengan sedikit lada hitam.

Blueberry, Kacang Kenari, dan Gandum
Campurkan setengah mangkuk oat, setengah mangkuk susu, seperempat cangkir blueberry, dua sendok makan kacang kenari cincang, dan satu sendok makan biji chia.

Lalu, tempatkan adonan dalam stoples yang tertutup rapat. Dinginkan semalaman lalu aduk saat akan dimakan.

Bayam dan Telur Dadar Keju
Kocok 2 butir telur besar dan masukkan sedikit garam dan merica. Kemudian, lelehkan setengah sendok makan mentega dalam wajan anti-lengket di atas api sedang. Tambahkan 1 cangkir bayam dan masak sampai layu.

Selanjutnya, tambahkan telur, lalu miringkan wajan hingga telur melapisi bagian bawahnya. Dorong telur yang dimasak dari tepi ke tengah, buat celah untuk telur yang belum dimasak dan bentuk seperti gelombang telur dadar

Panaskan selama dua menit, hingga ujung-ujungnya kering dan bagian tengahnya basah tetapi tak lagi berair. Taruh di bagian atasnya separuh mangkuk tomat cincang dan seperempat mangkuk keju yang telah hancur. Lipat setengahnya dan sajikan

Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES