Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

 

Buka Puasa Ramah Anak di Denpasar

Kamis 17 May 2018 18:39 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko

Sejumlah warga muslim memilih beraneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa di lingkungan Wanasari, Denpasar, Kamis (17/5).

Sejumlah warga muslim memilih beraneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa di lingkungan Wanasari, Denpasar, Kamis (17/5).

Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Lokasinya strategis dan menyediakan fasilitas bermain anak.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR-- Buka puasa bersama keluarga merupakan momen yang selalu ditunggu di bulan suci Ramadhan. Pekerjaan menumpuk di kantor, undangan buka puasa bersama ditempat lain, kemacetan lalu lintas, atau dinas luar kota membuat rencana buka puasa bersama anak istri ikut tertunda.

Buka puasa di luar rumah bisa menjadi pilihan tepat untuk sebuah keluarga. Selain memilih menu halal dan variasi makanan yang dihidangkan, orang tua sering kali mempertimbangkan suasana ramah anak di tempat makan, warung, atau restoran yang hendak dikunjungi.

Lingkungan ramah anak membuat orang tua dan anak sama-sama merasa nyaman. Keluarga tentunya berkumpul lebih dari sekadar santap bersama. Mereka bersilaturahmi,bincang-bincang, dan menggelar kegiatan lain yang biasanya diadakan satu ataudua jam sebelum adzan Maghrib berkumandang.

Seringkali orang tua kewalahan menghadapi anak-anak yang masih kecil. Salah satu solusi terbaik adalah berbuka puasa di tempat yang menyediakan spot bermainuntuk anak. Permainan tidak hanya membuat anak-anak senang, tetapi juga membuatmereka sibuk. Anak bahkan bisa melupakan rasa lapar yang menggoda merekaberbuka puasa sebelum waktunya.

Republika.co.id menyempatkan diri berkunjung ke sejumlah restoran atau tempat makan ramah anak juga halal di Denpasar, Bali. Lokasinyas trategis karena berada di pusat kota, dan semuanya menyediakan fasilitas bermain untuk anak.

The Night Market Cafe &Co-working

Tempatmakan yang buka pukul 16.00-23.00 WITA ini menjanjikan suasana santai dan rileks untuk keluarga. Lokasinya di Jalan Pura Demak Gang Marlboro V, tepatnyadi depan Sekolah Harapan Mulia, Denpasar.

The Night Market Cafe & Co-working sangat cocok untuk orang tua sibuk yangnyaris tak bisa melepaskan laptop atau ponselnya untuk bekerja. Jaringaninternet (wi-fi) di restoran ini cukup kencang. Istimewanya adalah ada spotbermain anak di depan tempat makan yang berkonsep dalam ruangan (indoor).

Bagian luar ruangan (outdoor) restoran inipaling disukai keluarga. Mereka bisa duduk lesehan di atas bantal-bantal empukyang diletakkan di atas rumput sintetik. Area sekitarnya diterangi lamputemaram yang menggantung di pohon-pohon. Suasananya bagaikan sedang piknik ditengah kota.

Semua menu makanan dijual di bawah Rp 100 ribu. Republika.co.id, mencoba menu Tom Yum Seafood dan Sup Ikan Kepedesan. Wafel Ice Cream nan lezatcocok untuk makanan pembuka si buah hati. Menu lain yang tak kalah enak adalahHoney Yogurt & Mint Smoothie Bowl Topped with Tropical Fruit, Mixed Satay,Island Fried Rice, dan Beef Burger.

Warung Mogan

Warung ini seluruhnya menyajikan menu-menu vegetarian. Tepat di sampingnya terdapatMogan Kids Fun Center, arena bermain anak yang sangat luas, lengkap denganperosotan spiral, mandi bola, skuter, mobil-mobilan, kuda-kudaan, hingga arenatrampoline favorit anak-anak.

Warung Mogan berlokasi di Jalan Mudu Taki Nomor 99x, Dalung. Tempat makannya ada yangberkonsep joglo, lesehan di bale yang seluruhnya menyajikan pemandangan areapersawahan di tengah kota. Orang tua juga bisa memesan meja yang langsung berhadapan dengan playground anak.

Namanya juga warung vegetarian. Semua menu di sini tidak berbahan daging ayam, sapi,telur ayam, dan protein hewani lainnya. Makanannya beragam, mulai dari anekanasi goreng, capcay, bakso, sayur hijau, mi kuah, mi goreng, gule dan satejamur, jamur crispy, tipat potong, tipat cantok, tipat cablok, dan rujak.

Goemerot Resto

Restoranini berada di Jalan Tukad Gangga Nomor 8, Renon. Tempatnya sangat artistik dan Instagramable. Banyak spot swafoto, bahkan dengan pengambilan angle yang pas,orang-orang tidak akan menyangka jika Anda sedang berada di restoran.

Tempat makannya berkonsep dalam dan luar ruangan. Tempat luar ruangan langsungberatapkan langit. Arena bermain khusus anak terletak di sisi kanan pintu masu krestoran.

Nasi Goreng Hong Kong, Nasi Goreng Kambing, dan Mi Goreng Kambing di Goemerotsungguh lezat. Aneka makanan dengan teknik memasak tradisional Bali disajikandi sini, seperti ayam dan bebek betutu, ayam bakar bumbu merah, serta senucekuh gurita, semacam nasi goreng bumbu Bali. Anda bisa juga menyantap iga sapi goreng, buntut bakar, atau sop buntut.

Warung Ongan

Tempat makan yang beralamat di Jalan Nojan Saraswati Nomor 12A ini menyajikan spotnatural yang menyatu dengan alam. Desain dan interior restorannya berdasar batubata dan bambu.

Tempat makannya dibagi tiga, berupa area atas yang bisa dijumpai setelah pintu masukrestoran, area tengah di sekitar taman, dan area bawah berkonsep bale denganpemandangan lepas ke arah bendungan.

Warung Ongan Asri pada dasarnya spesialis Ikan Bakar Jimbaran dan aneka sushi. Menu-menu lainnya adalah kerang, ayam bakar, ayam goreng, sop ikan, pepes ikan,pepes udang, udang bakar, yang bisa juga dipesan dengan sistem paket.

Restoran seluas 30 are ini memfasilitasi tempat bermain khusus anak. Buah hati Anda juga bisa menikmati suasana luar ruangan, melihat burung, kupu-kupu, tupai yang sesekali terlihat di taman.

White Canny Restaurant

WhiteCanny Restaurant atau populer disingkat W-Can ini bertema kolonial klasikdidominasi warna putih berhiaskan ornamen-ornamen tempo dulu. Tempat makan yangberalamat di Jalan Tukad Gangga Nomor 16, Renon ini bisa juga dibilang restoranala rumahan priyayi. Jendela kayu putih, lampu gantung, telepon kuno, radiojadul, lengkap dengan meja kursinya yang sangat apik tampil begitu menawan.

Keluargabisa makan senyaman mungkin sebab ada tempat khusus bermain anak. Menunyavariatif, mulai dari aneka nasi goreng, mi goreng, menu ikan, pasta, steak,sandwich, salad, dan barbeque. Jangan lupa mencoba sajian kopi Bali yang sudahpasti membuat Anda ingin kembali lagi ke sini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ruselli Hartawan Sabet Medali Perak

Senin , 09 Dec 2019, 14:48 WIB