Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

 

Sedap, Gule Kambing Khas Masjid Gedhe Kauman

Kamis 17 Mei 2018 18:06 WIB

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Agung Sasongko

Masjid Gedhe Kauman menyediakan gule kambing  untuk buka puasa, gule kambing yang merupakan takjil khasnya Masjid.Gedhe Kauman.

Masjid Gedhe Kauman menyediakan gule kambing untuk buka puasa, gule kambing yang merupakan takjil khasnya Masjid.Gedhe Kauman.

Foto: Republika/Neni Ridarineni
Takjil Gule Kambing ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sudah puluhan tahun atau sekitar 50-60 tahun yang lalu di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta selalu menyediakan takjil untuk berbuka puasa berupa Gule Kambing khusus setiap hari Kamis, kata Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman Azman Latif, Kamis (17/5) .

Menurutnya, takjil Gule Kambing ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Yogyakarta, sehingga porsi gule kambing yang disiapkan selalumelebihi dari takjil di hari lainnya. Yang datang selain masyarakat dari Kaumandan sekitarnya, juga ada yang dari luar kota Yogyakarta. Bahkan banyak jugayang berasal dari luar DIY yang kebetulan sedang berada di Yogyakarta.

Di hari pertama bulan Ramadhan tahun ini kebetulan hariKamis. Sehingga takmir masjid Gedhe Kauman sudah menyiapkan menu khasnya. "Kebetulan hari pertama puasa di bulan Ramadhan tahun ini hari Kamis dan kami sudah menyiapkan untuk buka puasa hari ini sekitar1640 porsi gule kambing,"kata Seksi Takjil dan Bendahara Takmir Masjid Gedhe, Djuduk Inhari Edi, Kamis (17/5).

Dibandingkan tahun lalu yang disiapkan untuk takjil setiap harinya ada tambahan 100 porsi. Djudjuk mengaku peminat donatur takjil gulekambing tahun ini cukup banyak. Alhamdulillah Ramadhan tahun ini ada lima Kamis, tetapi donatur gule kambing ada delapan kali(delapan hari). Sehingga yang dua takjil gule kambing akan disiapkan untuk dua kali hari Senin dan satu kali saat acaradonor darah,tuturnya.

Semua takjil ditangani oleh katering dan yang berpartisipasi dalam Ramadhan ini sebanyak14 katering yang berpartisipasi dan mereka telah terseleksi, Sementara itu menu lain di luar hari Kamis antara lain: sayur asem-asem tetelan dan ayam goreng, sop; ayam goreng dan sambal tomat; sayur asem, ayam goreng dan sambel teri; brongkos telur; gudeg Jogja; sayur lodeh ndeso; lodeh jipang danayam goreng. Selain menu takjil tersebut, kata Djudjuk, panita juga menyediakan sekitar 300-400 roti setiap hari untuk orang yang berbuka puasa di Masjid Gede Kauman, tetapi tidak kebagian menu makanan yang telah disiapkan.

Harga per porsi menu untuk gule kambing Rp 11 ribu sedangkan untuk menu ayam Rp 9000, dan menu telur Rp 7500. Jumlah yangdisiapkan kalau gule kambing sekitar Rp 1600 porisi , sedangkan selain gulekambing 1300 porsi. Perkiraan sementara dana yang dibutuhkan untuk keperluanRamadhan di Masjid Gedhe Kauman sekitar Rp 6 00 juta termasuk untuk takjil.

"Saat ini dana yang terkumpul masih jauh dari itu. Namun InsyaAllah bisa terpenuhi dengan bantuan-bantuan dari donatur, jamaah serta media yang ikut membantu menyebarkan berita ini,"Harapnya.

Selain takjil gule kambing, Djudjuk menambahkan, ada satu menu khas yang hanya ada di Masjid Gedhe Kauman yakni oblok-oblok yang disediakan setelah shalat subuh pada 1 Syawal. Untuk 1 Syawal besok akan disediakan sekitar 600 porsi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES