Wah, Salad Laris Manis Saat Ramadhan

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani

 Senin 05 Jun 2017 15:29 WIB

Salad sayur, makanan vegetarian. Foto: Max Pixel Salad sayur, makanan vegetarian.

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi penggemar makanan sehat, sayur dan buah menjadi bahan pangan wajib konsumsi. Selama berpuasa gaya hidup sehat dengan mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan tetap bisa dilakukan. Bahkan selama Ramadhan, salad sayur menjadi menu favorit bagi para pelanggan Tante Sayur di daerah Jakarta dan sekitarnya.

"Biasanya konsumen pesan salad untuk penganan berbuka," ujar Pemilik Tante Sayur Putri Verlixia dalam acara Talkshow Ramadhan bersama Chikita Rosemarie dan Galeries Lafayatte di Jakarta, kemarin.

Salad laku keras selama Ramadhan sebagai menu buka puasa. Salad menjadi menu berbuka karena cenderung memberikan rasa kenyang cukup lama. Biasanya para pelanggan Tante Sayur hanya mengonsumsi salad saja pada jam berbuka. Beberapa pelanggan juga mengombinasikan salad dengan jus. Kemudian mereka akan melanjutkan menyantap menu utama selepas Tarawih. Sayuran dan buah-buahan memang memberikan efek kenyang cukup lama.

Bagi yang ingin mengonsumsi menu sehat pada saat sahur, sebaiknya sayur dimasak sebelum santap sahur dilakukan. Para ibu bisa mempersiapkan sayuran di malam hari. Misalnya, malam hari sudah mencuci, memotong, dan mengiris sayuran terlebih dahulu. Kemudian simpan di dalam wadah kedap udara atau wadah terbuka ditutup dengan plastik tempel. Simpan di dalam lemari es agar kesegarannya lebih tahan lama. Hal tersebut akan jauh lebih baik daripada menghangatkan sayur yang sudah matang untuk sahur. Selain merusak rasa, kandungan gizinya juga tidak lagi sempurna.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X