Chef Degan Beri Ide Masakan dengan Kecap untuk Ramadhan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

 Selasa 23 May 2017 07:31 WIB

Makanan dengan bahan kecap bisa menambah selera untuk sahur atau berbuka puasa. Foto: Republika/Agung Supriyanto Makanan dengan bahan kecap bisa menambah selera untuk sahur atau berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa tinggal beberapa hari lagi. Para ibu biasanya sudah mulai memikirkan menu apa yang akan disajikan saat puasa nanti, baik untuk sahur maupun untuk berbuka. Nah, berikut ini ada beberapa ide masakan yang bisa Anda siapkan untuk sahur dengan bahan dasar kecap. Penasaran kaya apa? Simak pemaparan dari Chef Degan Septoadji berikut ini.

Chef Degan mengatakan kecap memiliki peran penting dalam masakan Indonesia. Kecap bisa menambah cita rasa juga mempercantik tampilan masakan. Ada banyak makanan yang menggunakan kecap. Misalnya semur, satai, nasi goreng, ayam bakar, bakso dan lainnya.

Untuk menu saat Ramadhan, Anda bisa membuat menu olahan kecap. Misalnya untuk sahur, Anda bisa membuat semur. Semur ada berbagai macam, ada semur Jawa, semur malbi Palembang dan lainnya. Bisa pula semur telor, semur tahu atau lainnya.

Atau jika ingin menu yang sederhana dan simprl, cukup goreng telor mata sapi dituangkan kecap di atasnya. Bisa juga membuat sambal kecap. Sambal kecap ada yang simpel, ada juga yang lengkap bahannya.

“Untuk yang simpel, sambal kecap terbuat dari bawang merah, bawang putih, dan cabai lalu diberikan kecap. Ada juga yang lebih komprehensif, campuran bawang merah, bawang putih, cabai, ketimun, tomat, lengkap dengan bawang goreng dan jus jeruk nipis, dicampur keluar semua rasanya, terus dikasih kecap, itu enak banget,” ujarnya kepada Republika.co.id, belum lama ini.

Selain untuk sahur, menu olahan kecap juga bisa untuk berbuka. Misalnya satai. Untuk satai, kecap bisa digunakan untuk sausnya atau untuk olesan saat dibakar. “Ini supaya warna satainya bagus,” tambahnya.

Makanan yang berbau bakaran selain satai misalnya ayam bakar itu pasti ada kecapnya. Ini bisa membuat rasanya lebih gurih dan warnanya lebih bagus. Bukan hanya itu nasi goreng juga bisa disajikan untuk berbuka. Sudah jelas nasi goreng yang menggunakan kecap. “Ada lagi bakso, bakso tanpa kecap mana enak.”



Berita Lainnya

Play Podcast X