Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

 

Kolak Ibu Su, Takjil Favorit Nyong Ambon

Sabtu 27 Jun 2015 09:02 WIB

Red: Indah Wulandari

Kolak (Ilustrasi)

Kolak (Ilustrasi)

Foto: Google

REPUBLIKA.CO.ID,AMBON -- Dari berbagai jajanan berbuka puasa yang marak bermunculan di berbagai sudut Kota Ambon, Maluku pada Ramadhan tahun ini, kolak buatan Ibu Su menjadi salah satu pilihan favorit.

Kolak yang disajikan Ibu Su, di lapaknya yang berada di dekat Masjid Al Fatah, Ambon terdiri dari empat macam isian, yakni pisang, pallu butung, ketan, dan beras kacang hijau.

Banyak warga datang membeli kolak itu sesuai kesukaan, tetapi tidak sedikit pula yang memborong semua. Masing-masing harganya Rp10 ribu per porsi kantong plastik.

"Untuk buka puasa bersama keluarga di rumah," kata Hamidah yang ditemui saat memesan dua macam kolak, Jumat (26/6).

Menurut dia, keluarganya suka kolak pisang dan kacang hijau.

"Sejak awal puasa sampai sekarang saya selalu beli kolak Ibu Su ini, selain beberapa macam kue," kata warga Kelurahan Seilale, Waihaong itu.

Sementara Ibu Su mengaku dalam satu hari ia bisa meraup keuntungan antara Rp 400 ribu hingga Rp500 ribu dari berjualan empat macam kolak buatan sendiri.

"Kolak saya buat bersama dua anak saya. Kami sudah berjualan sejak awal bulan puasa bersamaan dengan saudara-saudara lainnya yang juga berjualan kue di lokasi ini," ujarnya.

Ia juga mengaku tidak berjualan makanan berbuka puasa lain kecuali kolak.

"Dari tahun ke tahun hanya jualan kolak," katanya.

Selain di dekat Masjid Alfatah, pusat penjualan kue basah dan penganan berbuka puasa berada di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Batumerah.

Jajanan yang dijual pun beraneka ragam, mulai dari kue asida, kue lapis, bolu kukus, gogos (lemper), kue sus, tar susu, sakura, kue wijan, juga nasi kuning, sate ayam, dan es buah.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES