Iftar Sehat dengan Menu Burgreens

Red: Indira Rezkisari

 Kamis 25 Jun 2015 10:28 WIB

Burgreens Bowl, menu khusus Ramadhan dari Burgreens. Foto: Republika/Yasin Habibi Burgreens Bowl, menu khusus Ramadhan dari Burgreens.

REPUBLIKA.CO.ID, Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak makan dan minum menyehatkan tubuh dari segi mengistirahatkan organ dan membiarkan tubuh mengeluarkan racun.

Manfaat baik puasa itu namun kerap dirusak dengan menu buka puasa atau sahur yang kurang menyehatkan. Bila Anda tertarik untuk mencicipi menu sehat di bulan, Burgreens bisa jadi pilihan tempat untuk berbuka puasa.

Burgreens merupakan restoran dengan konsep makanan sehat, menggunakan bahan pangan organik termasuk menyajikan makanan berdasar tumbuh-tumbuhan. Helga Angelina, pemilik Burgreens, mengatakan makanan organik dipilih karena nutrisinya yang optimal.

Jangan keburu khawatir dengan menganggap Burgreens hanya memiliki menu makanan mentah atau raw food. Helga mengatakan komposisi menu mereka 60 persen makanan mentah dan 40 persen makanan yang dimasak. "Makanan mentah menyehatkan karena 100 persen nutrisinya terjaga. Nutrisi maksimum diperoleh karena makanan tidak melewati proses pemanasan yang mengurangi kandungannya," papar Helga.

Di bulan Ramadhan ini, Burgreens menyediakan empat khusus untuk berbuka puasa. Helga mengatakan menu Ramadhan diberi nama Locavore Specials. "Seperti namanya, Locavore berarti makanan berbahan lokal tapi terinspirasi dari menu barat."

Menu pertama adalah Local Twist Bowl, isinya nasi hitam, salad dengan sambal matah, dan tempe organik. Menu dengan nasi lainnya adalah Vata Grounding Bowl, nasi yang digunakan masih dari beras hitam. Padanannya disajikan tumis sayuran, tempe, dan saus lada hitam khas Burgreens.

Penyuka sayur kemudian akan dimanjakan dengan Burgreens Bowl. Menu ini menggabungkan patty atau olahan sayur atau kacang-kacangan juga jamur yang dibentuk mirip daging burger. Patty lantas tersaji dengan sayur-sayuran dan saus salad yang ditaburi paprika kuning. Menu pembuka lain saat Ramadhan adalah satai yang dibuat dari terong, zukini, bawang bombai, paprika, dan jamur tiram dengan bumbu saus teriyaki.

Helga mengatakan, makanan berbasis tumbuhan secara umum lebih mudah dicerna tubuh. Menjadikannya pilihan yang sesuai untuk berbuka puasa.

"Kami memiliki juga sup labu yang hangat yang tepat untuk mengisi perut terlebih dulu saat berbuka, juga beragam teh misalnya chai tea yang direbus dengan rempah seperti kapulaga dan jahe untuk berbuka," katanya.

Burgreens terletak Songolas, Jalan Flamboyan No 19 Rempoa, Jaksel, dan di Organik Klub Jalan Tebet Barat Raya No 49C, Jaksel. Menu Ramadhan Burgreens harganya mulai dari Rp 40 ribu untuk satai sayur dan Rp 50 ribu untuk menu lainnya.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X