Yogurt Kurma, Minuman Kaya Serat untuk Berbuka

Red: Indira Rezkisari

 Kamis 11 Jun 2015 11:38 WIB

Buah Kurma Foto: republika/prayogi Buah Kurma

REPUBLIKA.CO.ID, Kurma merupakan bahan makanan yang mungkin paling tersohor saat Ramadhan. Disarankan untuk dijadikan pembatal puasa oleh Rasul, kurma pun populer untuk berbuka entah dimakan begitu saja atau diolah dalam berbagai bentuk.

Untuk Ramadhan kali ini bagaimana bila mencoba meracik minuman yang kaya serat, probiotik, serta manis alami. Yogurt kurma kreasi laman Myhalalkitchen ini juga mudah dibuat. Anda cukup menggabungkannya menggunakan blender dan minuman siap disajikan.

Tak hanya cocok sebagai minuman pembatal puasa, minuman ini juga bisa dikonsumsi saat sahur. Kandungan serat dan gula alaminya cocok untuk membangkitkan energi tubuh selama Ramadhan.

Untuk membuatnya, bahan yang dibutuhkan setengan cangkir kurma tanpa biji. Sebaiknya pilih kurma yang masih berupa buah dan tidak menggunakan pemanis tambahan. Kemudian, setengah cangkir yogurt tawar, dua sendok makan krim atau heavy cream, setengah cangkir susu, dan dua sendok makan madu. Madu namun tidak perlu ditambahkan jika manis alami kurma dirasa sudah cukup.

Blender semua bahan selama kurang lebih menit. Atau hingga laurutan sudah cukup halus. Tuang di gelas dan tambahkan sedotan untuk memudahkan meninumnya. Komposisi bahan cukup untuk dua porsi yogurt kurma.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X