Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

 

Kolang Kaling, Sajian Khas Ramadhan

Senin 08 Jun 2015 12:35 WIB

Rep: Honesty R/ Red: Indira Rezkisari

Manisan kolang kaling.

Manisan kolang kaling.

Foto: Republika/Honesty R

REPUBLIKA.CO.ID, Buah atep atau dikenal dengan nama kolang kaling, banyak dijumpai di pasar pada saat bulan suci Ramadhan. Pada hari biasa pedagang yang  menjual buah kolang kaling ini  tak banyak seperti di bulan puasa.

Biasanya buah kolang kaling dibuat sebagai manisan, campuran es buah atau sebagai campuran kolak. Rasanya belum lengkap jika tidak ada suguhan dari kolang kaling waktu  buka puasa tiba. Buah atep ini sangat kaya kandungan karbohidrat, sehingga mudah kenyang ketika kita memakannya. Bagi yang sedang menjalankan program diet, buah ini sangat cocok sekali.

 

Buah atep bentuknya bulat lonjong dan berwarna putih transparan, rasanya hambar. Buah atep ini berasal dari buah  pohon aren. Buah aren dibakar sampai hangus terlebih dahulu kemudian diambil bijinya untuk direbus beberapa jam dan setelah itu direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari. Setelah itu baru kita dapatkan buah kolang kaling seperti sekarang yang dijual di pasar-pasar.

Karena jarang membeli buah ini, kita sering tidak begitu mengerti memilih kolang-kaling yang berkualitas baik. Mumpung bulan puasa sudah dekat, mari simak tips memilih dan mengolah buah ini.

Pilih buah yang berwarna bening dan tidak keras. Buanglah biji putih kecil  yang terdapat pada buah kolang kaling. Sebelum kolang kaling  diolah cucilah terlebih dahulu dengan menggunakan daun bambu. Fungsinya untuk menghilangkan lendir yang melekat pada buah kolang kaling.

Agar rasa manis manisan kolang kaling pas dan tahan lama, masaklah hingga berulang-ulang sampai 3-4 kali. Untuk menghilangkan aroma asam dan lendir,rendamlah kolang kaling dengan air cucian beras selama 1-2 jam.

Untuk mendapatkan tekstur kolang kaling yang empuk rebuslah terlebih dahulu. Terakhir, tambahkan daun pandan  dan daun jeruk purut untuk mendapatkan aroma kolang kaling yang harum.

Manisan Kolang Kaling dari Resep Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan:

2 kg kolang-kaling, cuci bersih

2 liter air

250 gr gula pasir

1 botol sirup merah rasa frambozen (Kurnia Lemonade)

Daun pandan

Pasta vanila

Cara membuatnya:

1. Didihkan air, rebus kolang-kaling selama 15 menit. angkat tiriskan, biarkan dingin.

2. Taruh dalam wadah, taburi dengan gula pasir, aduk rata, tutup wadah. Simpan dalam kulkas semalaman.

3. Besok harinya, keluarkan kolang-kaling dari kulkas, tuang air matang  campurkan daun  pandan dan pasta vanila aduk rata Simpan dalam kulkas lagi. sampai semalaman.

4. Besok harinya, pisahkan air dan kolang kaling. Rebus air hingga mendidih. Tuang lagi kedalam kolang-kaling. Tutup wadahnya lagi, simpan dalam kulkas lagi.

5. Kolang kaling sudah siap untuk disajikan. Lebih enak jika dimakan dalam keadaan dingin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES