'Nganter Nasi', Tradisi Ramadhan Asli Betawi

Rep: c72/ Red: Muhammad Hafil

 Senin 23 Jun 2014 15:11 WIB

Semur Betawi Foto: Natural Cooking Club Semur Betawi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA SELATAN -- Bulan suci Ramadhan memunculkan berbagai tradisi yang unik dari berbagai daerah dan suku. Tradisi nganter nasi salah satunya. Tradisi asli Betawi ini merupakan salah satu budaya yang selalu dilakukan masyarakat selama bulan Ramadhan.

"Nganter Nasi adalah tradisi asli Betawi yang telah menjadi budaya sejak dulu dan masih terjaga sampai saat in. Sebuah keluarga mengantarkan nasinya kepada tetangga-tetangga terdekat di wilayah tersebut," ucap Tabroni, sesepuh di Kampung Betawi yang terletak di kawasan Situ Babakan Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta, Senin (23/6).

Tabroni juga menjelaskan sebenarnya tradisi ini lebih kepada hantaran kepada orang terdekat yang berusia lebih tua. Hantaran dapat diberikan kepada tetangga yang berusia lebih tua maupun kepada keluarga yang lebih tua.

"Nganter nasi identik dengan hantaran yang berisi makanan diantaranya adalah daging, nasi dan kue yang biasanya berupa dodol, hantaran tersebut biasanya diberikan dengan menggunakan rantang makanan," ucapnya.

Rantang juga merupakan salah satu hal yang identik dalam tradisi ini. Sehingga sudah menjadi tradisi bahwa setiap keluarga yang akan memberikan hantaran selalu menggunakan rantang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X