Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

 

Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah Bahas Keadaban Digital

Jumat 25 Mei 2018 11:47 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Andi Nur Aminah

Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nasir

Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nasir

Foto: ROL/Wisnu Aji Prasetiyo
era digital saat ini mengakibatkan kejahatan digital juga hubungan sosial yang rusak.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah kembali menggelar pengajian Ramadhan. Kali ini, tema besar yang diusung adalah terkait dengan keadaban digital.

Ketua Umum (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir saat membuka pengajian Ramadhan itu menyampaikan bahwa, dalam relasi digital yang berkembang saat ini, empati dan faktor rasa mulai tergerus di dalam kehidupan bermasyarakat. Kehadiran dunia digital, Haedar mengatakan, mengutip Fukuyama, telah membawa dunia pada era disrupsi.

Dengan adanya era digital saat ini mengakibatkan kejahatan digital, porak-porandanya institusi keluarga, pudarnya ikatan pernikahan, adanya hubungan sosial yang rusak. Inilah yang disebut dengan era disrupsi," katanya dalam pengajian yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (24/5) petang tersebut.

Haedar pun mengingatkan bahwa bukan media digital yang salah. Melainkan  manusia yang tidak bisa mengelola dan memanfaatkan teknologi informasi itulah sumber masalah yang sebenarnya. Oleh karena itu, aspek penyiapan mental manusia inilah yang perlu dibenahi, sehingga manusia tidak tergantung dan terserap oleh teknologi dan tidak mencerabut budaya dan nilai-nilai keadaban.

Ia menilai, akibat media digital juga di antaranya adalah luruhnya orientasi nilai, menghilangkan nalar rasa dan nalar spiritual. Alam pikiran tereduksi, hubungan relasi kebersamaan berganti menjadi hubungan yang lebih individualis. "Dunia digital merupakan dunia maya. Realitas yang ada merupakan realitas bentukan, tetapi nyata. Orang menjadi terpolarisasi dalam afilisasi kelompok-kelompok. Inilah dunia simulacra," tegasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Spanyol Taklukkan Iran 1-0

Kamis , 21 Juni 2018, 03:21 WIB