Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

 

Semangati Korban Bencana, Baznas Gelar Kampung Ramadhan

Jumat 24 Mei 2019 13:48 WIB

Red: Gita Amanda

Baznas gelar kampung ramadhan. (Ilustrasi)

Baznas gelar kampung ramadhan. (Ilustrasi)

Foto: Dok: Baznas
Kampung Ramadhan untuk menyemangati korban gempa di Sigi Sulawesi Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SIGI -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar Kampung Ramadhan di Desa Kabobona Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mulai 21 Mei hingga 24 Mei 2019. Kegiatan ini untuk memotivasi sekaligus menyemangati korban gempa, likuifaksi, banjir untuk semangat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Baca Juga

Direktur Baznas Microfinance Pusat Jakarta, Noor Aziz, di Sigi, Jumat (24/5), menyatakan tahun ini pihaknya melaksanakan Kampung Ramadhan di tiga wilayah di Indonesia, meliputi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Kami memilih Kabupaten Sigi dengan melihat kesiapan wilayah maupun pengelola untuk melaksanakan kegiatan ini. Kami telah memiliki peta program dimana Sigi untuk tahun ini kami pilih menjadi pelaksana Kampung Ramadhan," kata Aziz.

Ia mengatakan kegiatan itu dapat memotivasi masyarakat agar mampu dan lebih menumbuhkan semangat. Khususnya umat Muslim di wilayah Kampung Ramadhan untuk menjalankan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan. Selain itu, diharapkan pula dapat mengakomodir masyarakat setempat untuk memperoleh manfaat ekonomi dengan mereka menjual barang dagangan.

"Kami melaksanakan berbagai agenda di Kampung Ramadhan, seperti tadarus mikro, pemutaran film Islami hingga bazar. Kami berharap ini bisa menyedot perhatian masyarakat dan perekonomian dapat bertumbuh, apalagi Sigi yang notabene belum lama ini tertimpa musibah gempa dan likuifaksi," ujar dia.

Ketua Baznas Sigi, As'ad Syukur menyatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan pertama kalinya di Sigi dan dipusatkan di Desa Kabobona. Ia pun berharap masyarakat dapat menyemarakkan Kampung Ramadhan itu. "Ini pertama kali digelar di Sigi, olehnya kami bersyukur Sigi dipilih oleh Baznas Pusat sebagai salah satu penyelenggara," kata As'ad.

Diketahui, pelaksanaan Kampung Ramadhan juga melibatkan unsur pemuda dan agama di desa setempat. Asisten dua Pemkab Sigi Iskandar Nongtji mengharapkan kegiatan pasar Ramadhan akan terus berlanjut di tahun berikutnya.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES