Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

BNI Ikut Biayai 23,93 Persen Proyek Tol Malang Pandaan

Selasa 14 Mei 2019 08:28 WIB

Red: Nidia Zuraya

Pekerja mengerjakan proyek pembangunan tol Pandaan-Malang seksi IV di Pakis, Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2019).

Pekerja mengerjakan proyek pembangunan tol Pandaan-Malang seksi IV di Pakis, Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2019).

Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Total kredit sindikasi pembangunan Tol Malang Pandaan sebesar Rp 4,179 triliun

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- PT Bank Negara Indonesia (BNI) menyumbang anggaran pembiayaan untuk pembangunan jalan tol Malang-Pandaan mencapai 23,93 persen. Jumlah tersebut sekitar Rp 1 triliun dari total kredit sindikasi sebesar Rp 4,179 triliun.

Kepala BNI Wilayah Malang Wiwi Soeprihatno mengemukakan dalam pembangunan ruas tol Malang-Pandaan, BNI mengambil porsi kredit sindikasi sebesar Rp 1 triliun (23,93 persen) dari total sindikasi Rp 4,179 triliun. Sedangkan project cost dari tol Malang-Pandaan sebesar Rp 5,97 triliun.

"Sejalan dengan langkah pemerintah yang fokus pada pembangunan infrastruktur, BNI juga aktif terlibat dalam berbagai penyaluran kredit sindikasi infrastruktur," kata Wiwi di Malang, Senin (13/5).

Keputusan BNI untuk ikut ambil bagian pada pembiayaan proyek ruas tol Malang-Pandaan membuahkan hasil dengan beroperasinya 3 dari 5 seksi proyek tol yang direncanakan, atau sepanjang 30,42 kilometer.

Sebagai salah satu Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB) pada pembiayaan sindikasi tol Malang-Pandaan, BNI menjadi lembaga keuangan yang paling aktif merealisasikan jalan bebas hambatan yang akan dibangun sepanjang 37,62 kilometer tersebut.

Selain BNI, ada beberapa bank yang terlibat dalam pembiayaan sindikasi ini, yaitu Bank Mandiri, BCA, Bank ICBC Indonesia, Bank Indonesia Eximbank, dan Bank Jateng.

Ruas tol yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini mencakup ruas tol Malang-Pandaan seksi 1 – 3, yaitu mulai dari Pandaan menuju Singosari sepanjang 30,42 kilometer.

Untuk seksi 4-5 atau sepanjang 7,2 kilometer dari Singosari – Kota Malang masih dalam tahap pembangunan, termasuk perubahan jalur yang dilakukan pada seksi 5 akibat penemuan Situs Sekaran peninggalan masa pra-Majapahit di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, kabupaten Malang.

Tol Malang-Pandaan sudah dinyatakan laik fungsi dan siap beroperasi sehingga dapat digunakan saat arus mudik Lebaran 2019. Setelah peresmian ini tol Malang-Pandaan beroperasi tanpa dikenakan tarif alias gratis selama beberapa hari sebagai bentuk sosialisasi kepada para pengendara.

Kehadiran ruas tol ini akan mempercepat perjalanan Surabaya – Malang atau sebaliknya. Selama ini jika kondisi padat (macet) bisa mencapai 4-6 jam. Dengan melalui tol ini waktu tempuh bisa kurang dari 1 jam.

Selain mempercepat waktu tempuh, ruas tol Malang-Pandaan juga memiliki pemandangan alam di kanan kiri jalan yang sangat indah, yaitu pemandangan gunung Semeru, Arjuna, Kawi dan Penanggungan.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA