Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

 

Renovasi Masjid Istiqlal Dipastikan tak Ganggu Ibadah Jamaah

Kamis 16 May 2019 12:30 WIB

Red: Ani Nursalikah

Umat Muslim saat membaca Alquran di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Umat Muslim saat membaca Alquran di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Masjid Istiqlal tetap bisa menampung jamaah dengan kapasitas normal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid (BPPMI) Asep Saepudin menyampaikan renovasi yang dilakukan di Masjid Istiqlal Jakarta tidak akan mengganggu pelaksanaan ibadah jamaah, termasuk saat Idul Fitri 1440 Hijriyah.

"Ibadah (jamaah) tidak akan terganggu karena masjid ini menampung 200 ribu orang di lantai utama dan nyambung ke lantai dua. Saat renovasi kapasitasnya akan sama, hanya bagian basement saja tidak digunakan untuk shalat, karena memang saat Idul Fitri tidak ada yang shalat di sana," ujar Asep di Jakarta, Kamis (16/5).

Pengelola masjid justru akan melakukan persiapan lebih untuk menyambut jamaah pada perayaan Idul Fitri nanti. "Saat Idul Fitri persiapannya akan lebih ditingkatkan lagi, keamanannya juga ditingkatkan karena untuk menyambut jamaah," ujarnya.

Asep menambahkan, fungsi rekreasi pada halaman masjid seperti taman, air mancur, hingga plasa juga diyakini akan tetap terjaga. Pemerintah menggelontorkan Rp 465 miliar untuk merenovasi masjid yang berdiri sejak 41 tahun lalu itu.

Biaya renovasi masjid tersebut diambil dari pos anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2019-2020. Menurut Asep, terdapat tiga filosofi yang mendasari renovasi masjid berkapasitas 200 ribu orang ini.

"Pertama adalah hablumminallah, di mana renovasi dilakukan di gedung utama sebagai tempat ibadah. Kedua, hablumminannas, dengan plasa dan tempat rekreasi jamaah bisa lebih aman lagi. Terakhir hablumminalalamin, yaitu lingkungan. Semua perizinan yang menyangkut cagar budaya sudah aman," ujar Asep.

Ia meyakinkan jamaah Masjid Istiqlal, ciri khas masjid tidak akan berubah. "Saya yakinkan kepada pencinta Masjid Istiqlal, ciri khas bangunan arsitek Frederich Silaban ini tidak akan berubah," ujarnya.

Baca Juga

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES