Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

 

Semangat Baru Komunitas Muslim Nashville Jelang Ramadhan

Kamis 02 May 2019 13:23 WIB

Rep: Umi Nur Fadillah/ Red: Agung Sasongko

Muslimah di South Jersey tengah mengikuti kajian keagamaan di Islamic Center South Jersey, Amerika Serikat.

Muslimah di South Jersey tengah mengikuti kajian keagamaan di Islamic Center South Jersey, Amerika Serikat.

Foto: photosbymarcin.blogspot.com
Sebuah masjid akan diresmikan di Nashville, negara bagian Tennessee, Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, NASHVILLE — Sebuah masjid akan diresmikan di Nashville, negara bagian Tennessee, Amerika Serikat (AS) pada bulan suci Ramadhan. Masjid berbalut warna krem dengan kubah merah marun itu terletak di jalan Charlotte Pike.

Baca Juga

Seperti dilansir di Tennessean.com, Kamis (2/5), rumah ibadah umat Islam itu menjadi lokasi masjid kedua dari Islamic Center of Nashville (Pusat Islam Nashville) atau yang selama ini dikenal dengan rumah ibadah utama di lingkungan 12South. Bangunan baru seluas 11 hektar (ha) itu menjadi pusat Islam di lingkungan Bellevue.

Anggota Dewan Pengurus Pusat Islam, Rashed Fakhruddin mengisahkan pusat Islam itu sebagai impian umat Muslim setempat. “Ini mimpi,” kata Fakhruddin.

Dia menggambarkan masjid baru itu akan menyambut gelombang kedatangan umat Islam selama Ramadhan. Muslim lebih banyak menghabiskan waktu di masjid selama Ramadhan.

Direktur kemitraan komunitas untuk Pusat Islam Nashville itu menargetkan pembangunan masjid selesai pada Ramadhan tahun lalu. Namun, karena berbagai kendala, pembangunan belum bisa selesai sesuai harapan. Umat Islam menargetkan pembangunan masjid selesai pada sebelum Ramadhan tahun ini.

“Jadi ini seperti ok, kita harus menyelesaikan ini (pembangunan) sebelum Ramadhan, dan syukurlah selesai tepat waktu, sehingga orang bersemangat untuk datang ke sini dan beribadah,” ujar Fakhruddin.

Pertumbuhan komunitas Muslim yang pesat, membuat Bellevue membutuhkan masjid baru. Proyek masjid senilai 2,5 juta dolar AS itu adalah bagian dari rencana induk Pusat Islam Nashville selama lebih dari 20 tahun. Kendati demikian, umat Muslim lebih menilai urgensi pembangunan Nashville International Academy yang terletak di sebelah gedung masjid baru. Apalagi, masjid-masjid lain mulai bermunculan di sekitar Nashville.

“(Pembangunan) ini, sebenarnya karena permintaan untuk sebuah masjid di daerah itu, karena keluarga (Muslim) mulai pindah ke sini,” kata Fakhruddin.

Setelah bertahun-tahun, populasi Muslim tumbuh di mana-mana, termasuk Bellevue. Diperkirakan, Nashville menjadi rumah bagi sekitar 40 ribu Muslim yang mayoritas tinggal di bagian tenggara kota.

Pembangunan masjid baru di Bellevue tidak mendapat pertentangan seperti proyek lainnya di negara bagian Tennessee dan sekitarnya. Pada 2010, sekelompok warga daerah menggugat menghentikan pembangunan masjid baru Pusat Islam Murfreesboro. Namun, proyek Pusat Islam Murfreesboro memenangkan gugatan tersebut di pengadilan setempat.

“Kami tidak harus melalui apa yang mereka lalui,” kata Fakhruddin.

Pembukaan masjid baru membawa rasa syukur pada komunitas Muslim. Imam Pusat Islam Murfreesboro, Ossama Bahloul mengatakan bangunan itu bukan hanya aset bagi komunitas Muslim, tetapi merupakan kontribusi bagi kota Nashville.

“Kami membayangkan, kota kami memiliki gereja-gereja yang indah, sinagog, masjid, dan itu adalah bagian dari keragaman kami,” ujar Bahloul.

Bahloul mengisahkan perjuangan memenangkan gugatan di pengadilan adalah hal sulit. Namun, banyak dukungan yang mengalir pada komunitas Muslim setempat.
“Beberapa orang berusaha menunjukkan dukungan kepada kami dan saya terus menghargainya,” kata Bahloul.

Meskipun tidak menghadapi tentangan, pembangunan masjid di lingkungan Bellevue juga menunjukkan arti pentingnya rasa saling menghargai. Kepemimpinan pusat Islam berharap pekerja segera menyelesaikan ruang bawah tanah gedung baru dan menambah gimnasium di beberapa titik.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES