WNI di Etiopia Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Endro Yuwanto

 Selasa 04 Jun 2019 18:00 WIB

WNI di KBRI Addis Ababa, Ethiopia, merayakan Idul Fitri pada Selasa (4/6). Foto: Dok KBRI Addis Ababa Ethiopia WNI di KBRI Addis Ababa, Ethiopia, merayakan Idul Fitri pada Selasa (4/6).

Hari Raya Idul Fitri di Etiopia ditetapkan lebih awal dari perkiraan.

REPUBLIKA.CO.ID, ADDIS ABABA -- Warga negara Indonesia (WNI) di Addis Ababa, Etiopia, merayakan Idul Fitri pada Selasa (4/6). Mereka menunaikan shalat Id di Wisma Indonesia di KBRI Addis Ababa.

“Shalat yang diselenggarakan dengan sederhana itu diikuti sekitar 25 orang, terdiri dari staf dan keluarga KBRI serta masyarakat Muslim Indonesia lainnya di Addis Ababa,” kata KBRI Addis Ababa dalam sebuah pernyataan yang diterima Republika.co.id, Selasa.

Semula sekitar 30 WNI yang tinggal di Hawassa, terletak sekitar 280 kilometer dari Addis Ababa, berencana menunaikan shalat Id di KBRI Addis Ababa jika Idul Fitri dirayakan pada Rabu (5/6). Namun, karena Idul Fitri ditetapkan lebih awal dari perkiraan, mereka urung mengikuti shalat bersama di sana.

Kendati demikian, WNI yang tinggal di Hawassa tetap akan berkunjung ke Addis Ababa. Sebab, KBRI menyelenggarakan acara open house.

“Masyarakat Indonesia di Kota Hawassa, yang umumnya bekerja di pabrik-pabrik Indonesia di sana, akan merayakan Lebaran bersama masyarakat Indonesia lainnya di Etiopia dalam acara open house yang diselenggarakan KBRI Addis Ababa pada Rabu,” ujar Duta Besar RI di Addis Ababa Al Busyra Basnur.

Terdapat 200 WNI di Etiopia. Sebanyak 150 orang di antaranya bermukim dan bekerja di tiga pabrik Indonesia yang terletak di Hawassa Industrial Park.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X