Sahur Terakhir di Ruas Tol dan Rest Area 86 Cipali Lengang

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

 Selasa 04 Jun 2019 03:45 WIB

Sejumlah pemudik berbuka puasa sambil beristirahat di Ruas jalan tol Cipali Kilometer 187, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/5). Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah pemudik berbuka puasa sambil beristirahat di Ruas jalan tol Cipali Kilometer 187, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/5).

Arus mudik di ruas tol Cipali mulai menurun.

REPUBLIKA.CO.ID, CIPALI— Sahur terakhir Ramadhan 2019 atau H-2 ruas jalan tol dan rest area Km 86 A Tol Cipali terpantau lengang. Tidak terlihat antrean kendaraan di ruas jalan tol dan kendaraan dari arah Jakarta masuk rest area.  

Beberapa hari sebelumnya kendaraan dari arah Jakarta saat sahur tiba kendaraan memadati ruas jalan. Kepadatan itu disebabkan kendaran lanju kendaraan melambat karena banyak kedaran berhenti di bahu jalan dan masuk rest area.

Pantau Republika.co.id, pada pukul 02.30 WIB di lokasi terlihat lahan parkir di rest area banyak ruang kosong. Ruas jalan tol juga cenderung sepi dari kendaraan. Hal serupa juga terjadi di ruas jalan tol sebaliknya selain ruas jalan sepi, rest area 86 B arah Jakarta juga lengang.  

Baca Juga

Petugas Pospam Km 86 A, Brigar Rifal Ari Wijaya, mengatakan suasana ini berbeda dengan suasana beberapa hari kebelakang di mana kendaraan yang melintas ruas jalan tol dan kendaraan yang akan masuk ke rest area sangat padat. 

"Sekarang sudah sepi. Mungkin ini pemudik terakhir dan puncaknya Ahad kemarin," katanya saat ditemui di pos jaga, Selasa (4/7) dini hari. 

Rifal mengatakan pada pukul 01.30 WIB ruas tol terutama di Km 36 arah Jawa padat. Tapi bukan kepadatan karena volume kendaraan yang tinggi melainkan ada kecelakaan ringan. "Jalan pada pukul 12.30 WIB padat, karena ada yang kecelakan. Tapi itu tidak lama," katanya.

Menurut Rifal keadaan saat ini sangat kontras dengan keadaan beberapa hari sebelumnya. Selain ruas jalan tol yang padat rest area juga tidak ada ruang kosong untuk kendaaran. 

Sehingga kata dia, petugas menutup pintu masuk rest area, agar kendaraan yang hendak masuk ke rest area tidak bisa masuk. Alasan pintu masuk rest area ditutup karena sudah ada tempat parkir. "Jadi ketika rest area tidak bisa menampung lagi ditutup," katanya.  

Selain itu petugas juga meminta pemudik yang istirahat lama di rest area untuk segera meninggalkan rest area dan melanjutkan kendaraannya ke tempat tujuan. Tujuannya supaya kendaraan yang baru datang bisa masuk untuk istirahat.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X