Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

 

Jelang Mudik, Purwakarta Perbaiki PJU yang Rusak

Jumat 24 Mei 2019 18:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Jalan Purwakarta-Padalarang

Jalan Purwakarta-Padalarang

Foto: Republika/Imam Budi Utomo
Ada 900 titik PJU yang alami kerusakan.

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA -- Jelang arus mudik lebaran 2019, Pemkab Purwakarta memerbaiki penerangan jalan umum (PJU) yang mengalami kerusakan. Dari 3.600 PJU yang tersebar di seluruh wilayah, yang mengalami kerusakan mencapai 900 titik. Salah satu kerusakannya, yaitu lampunya mati.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta, Agung Wahyudi, mengatakan, Purwakarta siap menyambut mudik lebaran. Karenanya, segala pendukungnya mulai dibenahi. Termasuk, penerangan jalan umum. Mengingat, keberadaan PJU di jalur mudik ini sangatlah penting.

"Saat ini, secara bertahap kami mulai memerbaiki PJU yang rusak di sepanjang jalur mudik. Sebab, kita ingin saat mudik nanti jalur sudah caang (terang)," ujar Agung, kepada Republika.co.id, Jumat (24/5).

PJU yang diperbaiki ini, meliputi wilayah perkotaan dan pedesaan. Seperti, jalan nasional Bungursari-Sadang. Lalu, jalan alternatif Purwakarta-Wanayasa. Serta, jalan nasional Purwakarta-Bandung via Padalarang.

Dengan adanya perbaikan PJU yang rusak ini, diharapkan bisa memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi para pemudik yang melintasi Purwakarta. Terutama, pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Sementara itu, Kabid Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum Distarkim Purwakarta, Kosasih, mengatakan, dari 900 titik PJU yang rusak ini, telah diperbaiki 800 titik. Sisanya, 100 saat ini sedang dikebut perbaikannya. Targetnya, sebelum H-7 lebaran sudah rampung.

"Kerusakannya ini, tak terlalu parah. Seperti, mengganti kabel yang putus atau mengganti lampunya (bohlam) yang mati," ujar Kosasih.

Karena itu, delapan petugas khusus pemeliharaan PJU bekerja hampir 24 jam. Ketika ada laporan PJU rusak, maka tim tersebut langsung turun ke lapangan untuk segera memerbaikinya.

Adapun anggaran untuk pemeliharaan PJU ini, mencapai Rp 400 juta dalam setahun. Jika menilik dari nominalnya, anggaran tersebut masih kurang ideal. Sebab, hanya mampu mencover 900 titik PJU. Sedangkan, total jumlah PJU yang ada di wilayah ini mencapai 3.600 titik.

"Meski demikian, kita tetap optimistis, menjelang mudik semua jalur yang dilintasi pemudik akan terang. Karena, pemeliharaan ini fokus pada PJU yang ada di sepanjang jalur mudik," jelasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES