Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

 

Semarak Ramadhan, JIC Gelar Pesantren Digital

Kamis 23 Mei 2019 18:35 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Hasanul Rizqa

Dakwah digital (ilustrasi).

Dakwah digital (ilustrasi).

Foto: Republika/Yasin Habibi
JIC menggelar Pesantren Digital bekerja sama dengan STMIK Muhammadiyah Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka mengisi hari-hari selama puasa Ramadhan, Jakarta Islamic Center (JIC) menggelar sejumlah kegiatan. Salah satunya, pesantren digital pemrograman android.

Selama dua hari, Rabu hingga Kamis (22-23/5), kegiatan ini digelar di JIC, Jalan Kramat Raya. Kegiatan ini bekerja sama dengan STMIK Muhammadiyah Jakarta.

Baca Juga

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pelaksanan program JIC  untuk mengedukasi dan meningkatan sumber daya Muslim di era industri 4.0," ujar Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan JIC, Rakhmad Zailani Kiki dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis (23/5).

JIC melakukan perjanjian kerjasama dengan STMIK Muhammadiyah Jakarta untuk menyelenggarakan program dan kegiatan pendidikan dan pelatihan yang terkait dengan industri 4.0.

Salah satu yang diajarkan adalah mengenai permograman Android. Pelatihan ini dirasa penting karena penggunaan gawai android telah lazim di masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, kebanyakan masyarakat masih sebatas menggunakan android. Hingga kini belum ia menyebut banyak penyedia yang ahli dalam pemograman android sementara hal itu sangat menguntungan.

"Pesantren Digital Pemrograman Android" di bulan Ramadhan tahun ini disebut Kiki merupakan kegiatan uji coba yang akan dilaksanakan kembali di bulan-bulan berikutnya. JIC akan melihat terlebih dahulu animo dari masyarakat.

"Materi yang diberikan pada kegiatan pesantren ini adalah pemahaman dasar Android, Download Android Studio dan JDK 8, dan pembuatan aplikasi Android. Peserta terdiri atas pelajar, mahasiswa dan umum," lanjutnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Napoli Gasak Liverpool 2-0

Rabu , 18 Sep 2019, 08:29 WIB