Kemenkop UKM Buka Kampung Ramadhan 2019

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Hasanul Rizqa

 Senin 20 May 2019 13:12 WIB

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga didampingi Penasihat Dharma Wanita Kementerian Koperasi dan UKM Bintang Puspayoga, Sekretaris Kemenkop dan UKM Rully Indrawan beserta jajaran Deputi membuka Kampung Ramadhan Kemenkop dan UKM di Jakarta, Senin (20/05). Foto: Republika/Dedy D Nasution Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga didampingi Penasihat Dharma Wanita Kementerian Koperasi dan UKM Bintang Puspayoga, Sekretaris Kemenkop dan UKM Rully Indrawan beserta jajaran Deputi membuka Kampung Ramadhan Kemenkop dan UKM di Jakarta, Senin (20/05).

Bazar Kampung Ramadhan Kemenkop UKM ini digelar untuk penuhi kebutuhan masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) membuka Kampung Ramadhan 2019 di area Kantro Pusat Kemenkop UKM, Jakarta, Senin (20/5). Perhelatan ini telah menjadi acara rutin tahunan untuk alternatif pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, Victoria Simanungkalit, menjelaskan, Kampung Ramadhan akan dilakukan hingga Selasa (21/5). Kampung Ramadhan di buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

"Acara rutin tahunan ini diharap dapat menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan belanja saat menjelang lebaran, baik bagi karyawan dan masyarakat sekitar Kemenkop UKM sekaligus menjadi sarana bagi produsen untuk mempromosikan produknya," kata Victoria di Jakarta, Senin pagi.

Baca Juga

Ia menyampaikan, Kampung Ramadhan tahun ini diikuti oleh 90 perserta. Terdiri dari 16 UKM produk fesyen dan apparel, 14 UKM makanan dan minuman, serta 60 usaha besar yang memasarkan produk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, ia mengatakan, Kampung Ramadhan kali ini sekaligus membuka klinik konsultasi bagi para pelaku UKM. Khususnya untuk konsultasi bagi mereka yang ingin mendapatan legalitas produk yang di jual.

"Klinik konsultasi terkait pendaftaran merek atau Hak Kekayaan Intelektual, HACCP, sekaligus konsultasi oleh Toko Online Korpri,: ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Kampung Ramadhan 2019 sekaligus dilakukan penyerahan santunan dan pemberian paket sembako. Pembagian paker itu mendapat dukungan dari Badan Amil Zakat Nasional, CSR Bulog, serta perusahaan swasta di sektor makanan dan minuman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X